JAYAPURA (PT) – Sebanyak 87 atlet PON Papua selama dua hari menjalani tes kesehatan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jayapura.

Tes kesehatan yang difasilitasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Papua bekerjasama Labkesda Jayapura itu dalam rangka persiapan mengikuti Trainning Center (TC) PON Papua.

Anggota Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Papua, Beny Maniani didampingi Humas KONI Papua, Hans Bisay kepada wartawan, Rabu (15/8/2018) di Kantor Koni Papua kompleks GOR Cenderawasih, Jayapura menginformasikan bahwa 87 atlet yang telah menjalani tes kesehatan tersebut merupakan atlit dari Cabang Olahraga (Cabor) Tinju, Gula, Muathay,Wushu, Angkat Besi dan Angkat Berat, Tarung Derajat dan Tenis Meja.

“Sedangkan Cabor Dance Sport dan sejumlah Cabor lainnya akan mengikuti tes lanjutan pada hari Kamis,” ungkap Maniani.

Benny Maniani menjelaskan hari pertama tes kesehatan, Selasa (14/8/2018) diikuti 65 atlet dari cabor Tinju, Dayung, Karate, Wushu, Gulat Dan Muathay.

Sedangkan tes lanjutan hari kedua, Rabu (15/8/2018) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jayapura kembali diikuti 32 atlit terdiri dari 17 atlit putra dan 15 atlit putri.

32 atlit tersebut berasal dari Cabang Olahraga (Cabor) Wushu, Angkat Besi dan Angkat Berat, Tarung Derajat dan Tenis Meja.

Lebih lanjut Maniani menegaskan bahwa tes kesehatan yang difasilitasi KONI merupakan salah satu syarat bagi para atlet untuk mengikuti Trainning Center (TC) PON Papua.

Oleh karenanya, Pengurus Provinsi (Pengprov) dari 17 Cabor yang atlitnya belum mengikuti tes kesehatan untuk proaktif memfasilitasi atletnya.

“Tes fisik dan kesehatan merupakan syarat utama untuk mengikuti TC PON. Untuk itu, saya minta agar Pengprov-Pengprov yang atletnya belum mengikuti tes kesehatan supaya segera memfasilitasi atlitnya mengikuti tes kesehatan di Labkesda,” tegas Maniani.

Sementara itu, Humas Koni Papua, Hans Bisay menginformasikan tes kesehatan hari ketiga yang akan dilangsungkan Kamis pagi ini (16/8/2018) dijadwalkan akan diikuti 108 atlit dari 7 Cabor antara lain Bola Voly terdiri 31 atlit Bola Voly Pantai dan 6 atlit Bola Voly Indoor), Soft Tenis 10 atlit, Selam 18 atlit, Balap Sepeda 27 atlit, Gateball 4 atlit, Woodball 2 atlit, Para Layang 4 atlit, Anggar 5 atlit dan Perairan Terbuka 1 atlit.

“Tes kesehatan hari ketiga dijadwalkan akan diikuti 108 atlit. Dan kita harapkan agar Pengprovnya proaktif mengikuti tes ini,” kata Hans menambahkan bahwa tes kesehatan yang dijalani para atlit di Labkesda meliputi pemeriksaan Hematoloy Lengkap (CBD DIff+LED), Urine lengkap, Diabetes Melitus (DM), Fungsi Hati (SGPT). Dan Fungsi Ginjal (Creatinine), Tes Hepatitis B (HbsAG ULTRA), tes HIV (HIV Duo Ultra), Tes Narkoba (Amphetamin). Non Laboratorium meliputi foto Thorax PA ECG (Elektro Radiology). (ans/dm)

LEAVE A REPLY