JAYAPURA (PT) – Kapolda Papua, Irjen Pol. Boy Rafli Amar adalah sang mentor yang bijaksana Papua dimata Michael Jhon Yarisetouw.

Maichel yang menjabat sebagai Direktur Cenderawasih Reading Center (CRC) mengatakan, selama ini Cenderawasih Reading Center (CRC) selalu menjaring ide dan diskusi kreatif pemuda Papua atas segala didikan sang mentor kepada pemuda Papua, hingga akhirnya, CRC memilih sang mentor sebagai seorang pembina pada lembaga kecil itu.

“Terangnya, saya belum pernah bertemu Pak Jenderal Irjen Pol Boy Rafli Amar awalnya. Saya hanya mengirimkan pesan lewat WhatsApp yang nomor handphonenya pun, saya dapat dari sebuah group WhatsApp,” kata Michael.

Saat itu, pesan lewat WhatsApp pun terkirim di gawai sang mentor yang berisi soal ide untuk melaksanakan kegiatan.

Tak disangka, gayung pun bersambut. Sang mentor menjawab pesan dirinya dengan kalimat

“Iya, saya mendukung dan akan hadir memberikan materi,” katanya.

Dikatakan, lagi-lagi ia tak pernah menyangka bahwa komunikasi yang dibangun oleh sang mentor kepada pemuda Papua begitu hangat.

Hari itu tanggal 25 April 2018, sang mentor berkunjung ke sekretariat CRC, sebuah tempat sederhana di pinggir jalan di wilayah Abepura.

Pada tempat itulah, sang mentor dan pemuda Papua duduk santai bertukar ide dan diskusi bersama, sambil menyeruput kopi panas.

“Sekitar 30-an menit, Pak Jenderal berada di sekretariat CRC dan berdiskusi dengan teman-teman,” ungkap Michael mengingat masa itu.

Undangan dari sang mentor pun tak hanya satu atau dua kali mendarat di CRC. Tetapi sang mentor terus mengundang pemuda Papua di acara formal maupun non formal yang dilaksanakannya.

“Kami sangat terharu beliau banyak mempertemukan saya dan teman-teman kepada pejabat Papua, bahkan membantu membuka jaringan, mempertemukan dengan sejumlah pihak pemangku kebijakan, baik di organisasi pemerintah maupun swasta,” jelasnya.

Michael dan pemuda Papua di CRC, banyak mengambil sisi positif dari kepemimpin Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Salah satunya adalah pemimpin yang humanis dan tegas, serta pemimpin yang melayani dan dalam kepemimpinannya, Pak Jenderal melakukan kerja nyata,” ucapnya. (jul)

LEAVE A REPLY