JAYAPURA (PT) – Dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Musamus, Merauke, Korem 174/ATW Merauke memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan Bela Negara, Selasa (22/8/2018).

Kepala Seksi Teritorial Korem 174/ATW, Letkol Inf. Feksy Dimunry Angi, SIP mengatakan, bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 rela berkorban demi menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Pertahanan negara Indonesia adalah sistem yang bersifat pertahanan semesta yang melibatkan seluruh warga negara Indonesia. Wilayah dan sumber daya nasional lainnya dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan NKRI yang mana TNI sebagai komponen utama dengan didukung oleh komponen cadangan dan pendukung,” ujarnya.

Dijelaskan, komponen cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

Sedangkan komponen pendukung adalah sumber daya nasional yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan.

Sementara itu, Rektor Universitas Musamus, Drs. Philipus Betaubun mengharapkan para mahasiswa dapat menyelesaikannya belajar dengan baik.

Oleh karena itu, ilmu yang telah diperoleh nantinya dapat diterapkan dilingkungan Kampus dan di masyarakat luas sehingga menjadi contoh dan suritauladan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. (jul/rm)

LEAVE A REPLY