JAYAPURA (PT) – Dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya khas Papua supaya tidak hilang termakan perkembangan, melalui generasi muda, Korem 172/PWY melaksanakan lomba busana daerah, lomba menulis dan mengambar di Korem 172/PWY, Selasa (28/8/2018).

Komandan Korem 172/PWY, Kolonel Inf. J. Binsar Parluhutan Sianipar mengatakan, perlunya saat ini generasi muda untuk menjaga dan melestarikan budaya Papua karena yang mulai terkikis oleh zaman.

“Karena diketahui budaya daerah itu kurang diminatin oleh generasi muda dan ini bagian dari pendidikan melalui para pelajar, tentu yang mencakupi keanekaragaman budaya yang ada di tanah Papua,” ujarnya.

Diakuinya, budaya Papua ini sanggat unik dan hal ini diakui oleh orang luar Papua atau non masyarakat Papua melalui rasa tertarik terhadap berbagai budaya di Papua.

“Seperti halnya pada saat lembah baliem, turis asing yang datang dari berbagai negara dan dari berbagai provinsi di Indonesia banyak yang datang untuk melihat budaya Papua, baik itu dari segi bahasa, adat, ciri khas dan haal-hal yang berkaitan dengan budaya lainya. Jadi kita senndiri sebagai masyarakat Papua harus melestarikan dan mengangkat budaya papua,” tegasnya.

Ia berharap bahwa kedepanya budaya khas Papua akan menjadi fashion khas para pemuda sehingga dalam mengunakan budaya dan khas Papua para pemuda tersebut percayadiri dan bisa mengambil peran dalam melestarikan budaya khas Papua. (ai/rm)

LEAVE A REPLY