JAYAPURA (PT) – Sentuhan Binmas Noken Polri kembali merangkul warga masyarakat di Kabupaten Yahukimo di Kampung Masi, Distrik Dekai, Senin (27/8/2018).

Dalam kunjungan kali ini, Tim Binmas Noken Polri bekerjasama dengan bebinews.co.id berbagi kasih dengan anak-anak di SD Masi.

Dipimpin langsung oleh Kepala Satgas Binmas Noken Polri, Kombes Pol. Eko Sudarto, Tim Binmas Noken Polri memberikan materi pembelajaran tentang wawasan kebangsaan bagi anak-anak di SD Masi yang diambil alih langsung oleh Ipda Made Ambo Arjana selaku Kanit Pendidikan Satgas Binmas Noken Polri dan Aipda Ahmad.

Kombes Pol. Eko Sudarto mengatakan, seperti biasa proses pembelajaran tentang wawasan kebangsaan di rangkum dalam permainan-permainan yang mengajak seluruh siswa untuk berinteraksi satu sama lain.

“Dalam kegiatan ini ada hal yang sungguh menyentuh hati dimana ketika anak-anak ini ditanya tentang 17 Agustus diperingati sebagai hari apa?, Mereka saling menatap dan berpikir seperti tidak tahu sama sekali bahwa tanggal itu adalah tanggal yang bersejarah bagi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Diakuinya, ketika mereka ditanya tentang pulau terindah di Papua (Raja Ampat) yang sekarang menjadi destinasi wisata dunia pun mereka sama sekali tidak mengetahuinya.

“Namun ketidak tahuan mereka itu pun telah dibuka oleh peran serta Satgas Binmas Noken Polri yang dengan sukarela mengajarkan mereka tentang arti dari kebangsaan dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada mereka,” terangnya.

Ia mengakui, semua itu terlihat dari betapa bahagianya mereka ketika mengenakan pita berwarna merah putih di kepala mereka.

Kehadiran Binmas Noken Polri di Kampung Masi, Distrik Yahukimo ini membawa dampak yang positif terhadap tumbuh kembangnya jiwa nasionalisme di Papua.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Sekolah SD Masi Yahukimo, Yansen Wakum dimana dirinya sangat berterima kasih dengan kegiatan Binmas Noken Polri yang bisa hadir hingga menyentuh anak-anak di pedalaman Papua seperti ini.

“Saya selaku kepala sekolah SD Masi sangat berterima kasih terhadap Binmas Noken Polri yang bisa datang dan mengunjungi kami serta memberikan pelajaran tentang wawasan kebangsaan di sini,” katanya.

“Saya berharap agar kegiatan ini tidak selesai sampai disini saja namun dapat terus berlanjut guna membangun generasi muda Papua yang cinta akan Indonesia,” tutur Yansen.

Kegiatan Binmas Noken Polri di Yahukimo kali ini secara tidak langsung telah mengubah gelap menjadi terang di Kampung Masi, Dekai, Kabupaten Yahukimo. (jul/rm)

LEAVE A REPLY