JAYAPURA (PT) – Pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua mulai menuai penolakan.

Ya, salah satunya penolakan pergantian Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Djuli Mambaya.

Bahkan, penolakan itu datang dari Sekretaris Dinas PUPR Papua, Solaiyen Murib Tabuni yang memprotes pelantikan itu.

Ia justru melarang Kepala Dinas PUPR yang baru yakni Girius One Yoman untuk berkantor.

“Kalau kepala dinas baru masuk kantor akan kita akan tolak. Sepanjang penolakan ini tidak diambil tindakan oleh Gubernur, maka Kepala Dinas baru tidak boleh dia masuk di Kantor PU. Apalagi ada masyarakat yang datang demo disini menolak pejabat baru,” ujarnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (29/8/2018).

Dikatakan, terkait pelantikan kepala dinas yang baru, pihaknya sebagai Sekretaris Dinas PUPR secara resmi menolak.

Menurutnya, keputusan Penjabat Gubernur yang melakukan pergantian jabatan kepala dinas yang tinggal menyisahkan tiga sampai empat bulan waktu efektif, dinilai kurang tepat.

Apalagi kepala dinas yang ditunjuk bukan berasal dari dalam instansi itu, melainkan ditunjuk dari kabupaten.

“Ini keputusan kurang tepat sebab dalam pergantian jelang tutup tahun anggaran ini biasa terjadi penyelewengan dana. Apalagi dilantik kepala dinas yang baru dari kabupaten. Maka saya sebut dia belum pelajari kondisi yang ada di instansi ini,” terangnya.

Sementara ketika dipakasakan kepala dinas baru maka yang bersangkutan baru akan melakukan penyesuaian, sedangkan waktu berjalan terus.

“Saya rasa ini kurang tepat makanya saya secara pribadi tolak tegas. Intinya saya menyampaikan penolakan bukan atas dasar kepentingan pribadi. Namun keinginian untuk menyelamatkan instansi ini,” ucapnya.

Dia berharap Penjabat Gubernur segera ambil tindakan terkait penolakan tersebut.

Sebab pihaknya yakin seluruh staf dinas PUPR tak akan bekerja sama dengan kepala dinas yang baru.

Sekedar diketahui, Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo melantik Girius One Yoman sebagai Kepala Dinas PUPR yang baru menggantikan Djuli Mambaya.

Pj. Gubernur meminta Girius untuk segera melakukan penyesuaian agar seluruh program kerja di instansinya, berjalan sebagaimana mestinya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY