JAYAPURA (PT) – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. George Elnadus Supit, S.Sos memimpin sidang pemilihan tingkat pusat Bintara PK pedalaman Tahun 2018 di Aula Serba Guna Rindam XVII/ Cenderawasih Sentani, Jumat (31/8/2018).

Penerimaan Bintara PK pedalaman Tahun 2018 ini merupakan program khusus dalam perekrutan orang asli Papua khususnya putra asli daerah pedalaman untuk dididik menjadi prajurit TNI AD.

Hal ini menunjukan tidak adanya diskriminasi dalam perekrutan prajurit untuk berkarir di TNI Angkatan Darat.

“Ini merupakan wujud perhatian Kodam XVII/ Cenderawasih untuk meningkatkan sumber daya manusia orang asli Papua,” tegas Pangdam.

Oleh sebab itu, program ini dilaksanakan dengan melakukan seleksi sesuai kriteria yang telah ditentukan, agar dapat menjaring calon-calon prajurit masa depan yang berkualitas.

Pangdam mengatakan, pihaknya mengharapkan agar panitia meneliti dan mengadakan peninjauan secara obyektif, proporsional dan profesional tentang hasil-hasil penyaringan yang telah dilaksanakan.

Baik secara administrasi, kepribadian maupun secara fisik, sehingga sasaran yang kita inginkan dapat dicapai.

“Sidang pemilihan Bintara PK pedalaman ini diikuti oleh 72 peserta yang telah lulus dari seleksi yang dilaksanakan di tingkat Sub Panda yang meliputi Sub Panda Biak, Sub Panda Marauke, dan Sub Panda Jayapura,” ucapnya.

Ia menambahkan, peserta telah lulus seleksi yang dinilai dari aspek administrasi, kepribadian maupun secara fisik.

“Apabila dinyatakan lulus maka mereka akan mengikuti pendidikan di Rindam XVII/Cenderawasih. Mereka akan dilatih tentang dasar-dasar kemiliteran dan pengetahuan dasar militer agar mereka menjadi prajurit yang tangguh dan trengginas,” pungkasnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY