JAKARTA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (5/9/2018) mengatakan, pada Pilkada Gubernur lalu dirinya adalah pasangan petahana, sehingga program prioritasnya sudah ada dan tinggal dilanjutkan.

Bahkan, Gubernur Enembe mengakui bahwa salah satu program yang akan dilanjutkan adalah pemberian beasiswa bagi anak-anak asli Papua.

Pasalnya, menurutnya, pendidikan di Provinsi Papua masih tertinggal terlalu jauh, sehingga masalah pendidikan ini menjadi salah satu prioritas.

“Masalah pendidikan di Provinsi Papua kembali menjadi prioritas, pasalnya saat ini banyak anak-anak Papua terlantar karena pedidikan cukup jauh. Demikian juga indeks pembangunan di Papua jauh dari harapan saat ini dimana angka kemiskinan juga masih tinggi sekali,” ungkapnya kepada wartawan.

Diakuinya, prioritas perbaikkan peningkatan pendidikan ini terutama bagi daerah-daerah yang memang selama pendidikannya masih rendah.

Selain masalah pendidikan, Enembe menambahkan, peningkatan pembangunan infrastuktur juga turut menjadi perhatiannya.

Karena sejauh ini infrastuktur di Papua masih banyak tertinggal dan masih butuh banyak anggaran.

“Salah satunya pembangunan jalan trans Papua yang menghubungkan Jayapura-Wamena yang dibangun oleh pemerintah pusat dengan menggunakan dana APBN. Tetapi saat ini jalan tersebut belum di fungsionalkan,” imbuhnya.

Dengan demikian, Enembe menegaskan, pihaknya kini bertekat agar bagaimana pembangunan jalan trans Papua itu, pekerjaanya cepat tuntas dan bisa difungsikan.

“Harapannya orang Papua bisa akses atau mengunakan jalan trans tersebut,” ucapnya.

Mengenai lahan yang digunakan untuk jalan itu, diakuinya tidak ada masalah lagi, justru yang jadi masalah adalah soal anggaran.

Karena membangun jalan trans ini membutuhkan biaya cukup besar.

“Kita di Provinsi Papua tidak akan sanggup untuk membiayai itu karena APBD kita sangat kecil sekali,” terangnya.

Dalam kesempan itu juga, Gubernur Lukas Enembe menyampaikan terima kasih karena pada saat ini pemerintah pusat dikepemimpinan Presiden Joko Widodo sudah resmi melantik dirinya dan Klemen Tinal untuk kembali memimpin Provinsi Papua sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Ya tentu sejarah baru, dimana ini merupakan periode kedua bagi kami untuk memimpin Provinsi Papua,” pungkasnya. (rm)

LEAVE A REPLY