JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH meminta perhatian khusus dari OPD di lingkungan Pemprov Papua untuk berpatisipasi aktif dalam menyelesaikan seluruh fasilitas PON.

“Untuk mewujudkan semua persiapan pada PON, kita akan mengerakkan semua pimpinan OPD untuk menyelesaikan semua venus olahraga,” tegas Lukas Enembe saat ditemui di Kantor Kemendagri, Rabu (5/9/2018).

Dikatakannya, semua persiapan terkait pelaksanaan PON di Papua tetap akan lanjutkan.

Bahkan, persiapan yang selama ini masih dianggap belum maksimal akan dibenahi serta dievaluasi kembali.

“Pelaksanaan PON ini menjadi prioritas utama. Sementara sisa waktu kita hanya tinggal dua tahun kedepan. Tentu ini waktu yang sangat singkat, sehingga kita harus percepat untuk menyiapkan semua kebutuhan pada PON 2020 tersebut,” ungkapnya.

“Anggaran APBD kita kan sangat terbatas, sehingga adanya pengalihan tenaga guru dan pegawi kehutanan dari Kabupaten/Kota ke Provinsi membuat beban anggaran cukup besar. Belum lagi tidak di ikut dengan dukungan dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) secara nasional kepada APBD Provinsi Papua,” terangnya menambahkan.

Lanjut Gubernur, penyelenggaraan PON di Provinsi Papua harus sukses karena ini merupakan pesta olahraga empata tahunan tersebut merupakan agenda besar negara.

Pihaknya sudah berkomitmen penuh agar PON XX tahun 2020 di Papua ini tidak boleh ada kata gagal lagi.

Tetapi bagaimana saat ini pemerintah bersama DPR Papua dan juga komponen yang ada di Papua untuk memberikan dukungan terhadap kesuksesan PON di Papua ini.

“Masih banyak hal yang perlu kita kerjakan kedepan. Terutama pembangunan venus di lima klaster yang nanti akan menjadi tuan rumah harus dipercepat. Sehingga pada pelaksaaan PON XX tahun 2020 nanti semua venus sudah pada posisi aman,” pungkasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY