JAYAPURA (PT) – Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf. Pio L. Nainggolan, SE, M.Tr (Han) bersama anggota melaksanakan penanaman padi bersama di kampung Limau Asri, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Kamis (6/9/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan dilahan sawah milik Kelompok Tani Manunggal Jaya pimpinan Agus dan diikuti sekitar 50 orang dari warga setempat dan juga Dinas Pertanian.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kadis Pertanian, Ny. Yohana Paliling yang merupakan penggagas dalam upaya mewujudkan swasembada pangan.

Dandim 1710/Mimika mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dengan adanya hamparan sawah yang luas di Kabupaten Mimika yang diharapkan dapat menunjang program nasional ketahanan pangan.

Ia mengharapkan, dinas terkait dapat memberikan bimbingan dan arahan pada para petani agar hasil pertanian bisa lebih baik serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kedepannya, Kodim 1710/Mimika melalui para Babinsa akan terus mengawasi dan membantu petani dalam menjaga kondisi tanaman padi hingga panen sebagai bentuk pendampingan serta dukungan untuk mewujudkan swasembada pangan,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kadis Pertanian, Ny. Yohana Paliling menyampaikan, lahan sawah di Kabupaten Mimika berkurang saat ini dikarenakan beberapa faktor seperti hama dan juga kurangnya motivasi warga untuk menjadi petani.

“Pemda sudah berusaha maksimal dengan membuat irigasi untuk pengairan sawah. Kami juga mengharapkan Kodim bisa bekerjasama dengan pihak terkait dalam pengembangan padi di Kabupaten Mimika,” ungkapnya.

Diakhir kegiatan dilakukan penanaman padi bersama-sama di lahan yang sudah disediakan. (jul/rm)

LEAVE A REPLY