JAYAPURA (PT) – Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Papua diperintahkan untuk seluruh program kerja hanya difokuskan untuk persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

“Jadi, kita fokus PON XX tahun 2020 semua OPD tidak ada kegiatan lain nanti tahun 2021 baru kita bicara program kerja dan visi misi,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH kepada wartawan di Jayapura, Selasa (11/9/2018).

Untuk mensukseskan PON XX, kata Gubernur Lukas Enembe, Pemprov Papua akan merampingkan beberapa OPD bahkan ada penghapusan OPD berdasarkan Peraturan Dasar Khusus (Perdasus).

“Tadi, kita sudah bicara untuk penggabungan OPD seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus digabungkan, Ketahanan Pangan kembali gabung dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura biar kita miskin struktur OPD tapi kaya fungsi untuk sukseskan PON nanti,” ujarnya.

Gubernur Lukas Enembe mengingatkan bahwa hitung mundur PON XX tahun 2020 sisa 730 hari atau 1,5 tahun untuk mempersiapkan diri menghadapi event akbar itu.

“Ini harga diri kita dan martabat masyarakat Papua. Semua SKPD jangan ko bicara program. Untuk apa ko bicara program. Ko kerja pikir untuk bagaimana sukseskan PON. Tidak ada kegiatan dan program lain. Kita semua sudah sepakat untuk itu,” tegasnya.

Ditambahkan, event olahraga nasional empat tahunan ini menjadi tanggung jawab bersama, sehingga dalam waktu dekat Bupati/Wali kota Se-Papua diundang untuk membahas persiapan PON nanti.

“Kita jadi tuan rumah. Otomatis kita sukseskan kegiatan PON 2020,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY