JAYAPURA (PT) – Untuk mencegah terjadinya berbagai pelanggaran yang yang disebabkan oleh ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) serta berbagai persoalan didalam rumah tangga, Prajurit TNI AD secara berkesinambungan memperoleh penyuluhan hukum dari satuan komando atas.

Seperti yang dilakukan oleh Kumdam XVII/Cenderawasih memberikan penyuluhan hukum tentang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) dan Asusila kepada Anggota Kodim 1707/Merauke dan Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab XVIII Kodim 1707/Merauke di AUla Anim Ha Makodim, Jum’at (14/09).

Acara ini, turut dihadiri Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Bambang Budi Hartanto, para perwira Kodim 1707/Merauke dan para Danramil jajaran Kodim 1707/Merauke.

Wakil Kepala Kumdam XVII/Cenderawasih, Letkol Chk Baslindo, SH, MSi mengatakan, penyuluhan hukum ini merupakan program satuan Kumdam XVII/Cenderawasih yang harus dilakukan pada prajurit, apalagi masih terdapatnya beberapa data pelanggaran yang ada di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

”Dengan adanya pemahaman hukum seperti ini diharapkan kita terhindar dari pelanggaran hukum, sedangkan materi yang akan kita diberikan dalam penyuluhan hukum kali ini cukup tentang Undang-Undang ITE dan Asusila,” kata Waka Kumdam Letkol Baslindo.

Senada dengan itu, dalam materi Anglak Bankum Kumdam XVII/Cenderawasih, Lettu Chk Doni Wiembiantoro, SH menambahkan, didalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE terdapat 6 hal penting yang harus diketahui bersama.

“Yaitu melanggar kesusilaan, perjudian, penghinaan/pencemaran nama baik, pemerasan dan pengancaman, hoax serta menyebabkan kebencian/SARA,” kata Lettu Doni Wiembiantoro.

Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Heri Krisdianto, SE yang diwakili oleh Kasdim 1707/Merauke Mayor Inf Bambang Budi Hartanto menyampaikan terima kasih kepada Tim Penyuluh Hukum Kumdam XVII/Cenderawasih yang berkesinambungan memberikan penyuluhan hukum di satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih, termasuk Kodim 1707/Merauke.

”Kepada seluruh anggota prajurit yang hadir dan Persit KCK Koorcab XVIII Kodim 1707/Merauke agar benar-benar memperhatikan apa saja yang disampaikan oleh tim penyuluh sehingga kita semua menjadi insan yang selalu sadar dan taat akan hukum,” imbuhnya. (jum/rm)

LEAVE A REPLY