JAYAPURA (PT) – Kasat Binmas Polres Keerom, AKP Mujiat, SH mensosialisasikan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dan bahaya Narkoba kepada pelajar SMK Betlehem, Arso I, Distrik Arso, Kabupaten Keerom saat menjadi Inspektur Upacara Bendera, Senin (17/09).

Secara singkat, Kasat Binmas Mujiat menyampaikan, pungutan liar merupakan sasaran tim saber pungli. Pungli itu ada yang memberi dan ada yang menerima sebagai contoh untuk mempercepat pengurusan SKCK/SIM dengan memberi uang/imbalan yang tidak sesuai dengan prosedur.

“Sedangkan suap adalah memberi dan menerima, sementara pungli yaitu pelaku yang meminta, menjanjikan atau menolong orang biar cepat apa saja yang diurus lalu masyarakat harus memberi uang tanpa aturan yang jelas,” katanya.

Selain itu, Kasat Binmas Mujiat meminta kepada para pelajar dan segenap dewan Guru untuk sama sama waspada terhadap bahaya narkoba terutama jenis ganja yang telah marak beredar di Kabupaten Keerom dan pemeberantasannya tidak bisa dilakukan oleh Kepolisian sendiri, tapi harus bekerjasama untuk siap menolak dan memberantas narkoba, karena narkoba merupakan musuh bersama.

Usai pelaksanaan upacara bendera, Kasat Binmas Mujiat menyerahkan tali asih kepada SMK Betlehem Arso I berupa bola kaki dan bola volly agar para pelajar mempunyai motifasi untuk berolah raga dari pada mengkomsumsi narkoba.(jul/rm)

LEAVE A REPLY