JAYAPURA (PT) – Jelang pemilihan umum tahun 2019, Polda Papua menggelar Deklarasi Pemilihan Legilatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) dipastikan berjalan aman, damai, dan sejuk berlangsung di Taman Imbi, Selasa ( 18/9 ).

Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan sebagai aparat TNI/POLRI yang bertanggung jawab keamanan dan ketertiban Kota Jayapura.

Kapolda Martuani Sormin meminta seluruh konstentan untuk melaksanakan pemilihan umum secara damai dan sejuk.

“Kami memohon kepada rekan-rekan pengurus partai biarlah kompetisi yang terjadi menjadi pengikat persaudaraan kita,” kata Martuani.

Kompetisi itu, kata Kapolda, bukan menjadi unsur pemecah, provoksi konflik yang merugikan semua masyarakat. Untuk itu, Kapolda mengajak semua untuk mewujudkan Pileg dan Pilpres di Tanah Papua yang aman, damai, tentram dan sejahtera.

“Siapa pun nanti yang terpilih mewakili legislatif dan pilpres itulah pemimpin kami, itulah yang terbaik untuk Papua lebih khusus Kota Jayapura,” tambahnya.

Martuani menegaskan tidak ada pesta demokrasi yang tidak selesai. Ia meminta kepada pengurus partai untuk menjadikan pesta demokrasi sebagai kemeriahan dan keceriaan rakyat, sehingga tidak boleh dibumbui dengan tindakan lain yang berbau pelanggaran hukum, karena akan merugikan semua pihak.

Selain itu, Kapolda juga meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk bekerja dengan baik dalam pengawasan pelaksanaan Pileg dan Pilpres di Papua.

Untuk itu, Kapolda Martuani mengajak kepada tokoh adat, tokoh pemuda, alim ulama, masyarakat dan seluruh konstentan pemilu untuk mendinginkan suasana kompetisi antar partai ini dengan damai sejahtera.

“Meskipun kita berbeda pilihan suku, agama, ras dan golongan kita tetap merah putih, Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY