JAYAPURA (PT) – Gol penalti Hilton Moreira menjadi penentu kemenangan Persipura 1-0 atas Arema FC dalam lanjutan Liga I Indonesia di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (22/9).

Menjamu Arema di kandang, Boaz dkk berusaha bangkit setelah kalah 2-1 dari Mitra Kukar Senin lalu.

Persipura dan Arema mengawali pertandingan dengan irama yang lambat. Apalagi, cuaca yang cukup panas.

Ancaman diberikan Persipura ketika laga memasuki menit ke 11. Tendangan keras M Tahir dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Arema, Utam Rusdiana.

Pertandingan antara Persipura dan Arema makin menarik. Tahir untuk kedua kalinya mencoba peruntungan lewat tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit ke 34, namun kembali dapat ditepis kiper Arema.

Skor imbang tanpa gol pun menutup babak pertama.
Namun, memasuki babak kedua, pelatih Persipura mengintruksikan anak asuhannya meningkatkan tempo permainan.

Tekanan yang terus dilancarkan anak-anak Persipura Jayapura membuat pemain Arema, Israel Wamiau melakukan pelanggaran dan wasit memberikan kartu kuning kedua bagi mantan pemain PON Papua 2016 itu.

Unggul jumlah pemain membuat Persipura berada di atas angin, dan berhasil memecahkan kebuntuan pada menit ke-68 melalui eksekusi penalti Hilton Moreira. Hadiah penalti diberikan wasit akibat handball Alfin Tuasalamony.

Gol Persipura membuat Arema harus keluar dari gempuran Ian Kabes dkk. Usaha Arema tidak membuahkan hasil, karena kokohnya lini belakang Persipura. Skor 1-0 ini akhirnya bertahan hingga pertandingan usai.

Pelatih Arema FC, Milan Petrovit dalam keterangan persnya mengaku, babak pertama pemain sudah sangat baik jalankan intruksi dan anak asuhnya bisa menguasai jalannya pertandingan.

“Kita tidak bisa bikin gol, maka tidak bisa menangkan pertandingan,” ujarnya.

Milan juga menyoroti insiden antar Hendro Siswanto dan Imanuel Wanggai. Dari insiden itu, Hendro harus mendapat lima jahitan.

“Harusnya wasit memberikan Imanuel Wanggai kartu merah. Hendro pemain penting bagi Arema,” tandasnya.

Sementara Pelatih Persipura Jayapura, Amilton Oliviera mengaku, bersyukur bisa meraih tiga poin.

“Kami punya waktu sedikit buat pesiapan lawan Arema, tapi semua pemain dalam pertandingan punya konsentrasi dan punya motivasi untuk dapat tiga poin,” tuturnya.

Amilton menyoroti timnya tidak konsisten dalam melakukan penyerangan, sehingga kesulitan menembus pertahanan Arema.

Dengan kemenangan ini, Persipura berada di posisi kedelan dengan 33 poin. Persipura kembali akan bertanding melawan tuan rumah Borneo FC, Minggu, 30 September 2018 mendatang. (lam/rm)

LEAVE A REPLY