JAYAPURA (PT) – Binmas Noken Polri dan Komunitas Tong Pi Mengajar melakukan tour di Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Setelah menempuh perjalanan selama dua jam dengan kapal motor melalui rute laut dan sungai besar, tim menuju ke Mimika Barat dengan ibu kota Kokonao merupakan Kota Tua di Mimika.

Dalam perjalanan itu, tim harus harus memperhitungkan debit air dan motoris (nahkoda) tahu rute jika tidak kapal motor kandas dihamparan pasir dan lumpur hingga sampai di SMP Kokonao, Senin (24/9).

Kegiatan yang dilangsungkan di SMP Kokonao yang diikuti oleh siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ratusan peserta sangat antusias mengikuti materi tentang keselamatan berkendara dari Satuan Lalu Lintas, layanan kesehatan dengan menjaga kesehatan pribadi dan bermain dari para sukarelawan Komunitas Tong Pi Mengajar.

Aiptu Lalu Hiskam Anady mengatakan, jika pihaknya membawakan materi wawasan nusantara yang selingi dengan permainan dan bernyanyi.

Selain itu, mengenalkan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mengenalkan keanekaragaman budaya dan adat istiadat serta agama yang berbeda.

“Tak sampai di situ, tim juga memotivasi dengan permainan cita – citaku, sambil menunjukkan gambar presiden, polisi, tentara, pilot, dokter dan lain lain peserta menunjukkan cita – cita mereka pada gambar,” ujarnya.

Senada dengan itu, Kapolsek Mimika Barat, Ipda Yakobus Sera A, yang juga anggota Satgas Binmas Noken ini mengimbau adik – adik mengambil inspirasi dari kegiatan itu, meskipun beberapa jam saja.

Pada malam harinya warga terutama anak – anak dihibur dengan pemutaran film ” Timur Matahari ” yang juga dihadiri ratusan anak anak.

Semangat mereka terus digerakkan dengan yel – yel Siapa Kita? Indonesia, Apa lambang negera kita? Pancasila, Apa kewajiban kita? Bela Negara, NKRI? Harga Mati.

“Perjalanan kegiatan ini merupakan kepanjangan tangan dari kegiatan Polisi Pi Ajar Sekolah, dimana semua orang bertanggungjawab dan peduli terhadap keselamatan anak dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara,” imbuhnya.(jul/rm)

LEAVE A REPLY