JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kota Jayapura telah melakukan kerjasama dengan Institute Teknologi Bandung (ITB) terkait implementasi dan pengembangan Smart City Kota Jayapura.

Kerjasama itu diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tomi Mano, MM diwakili Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Sarru, MM.

Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura, Binton Nainggolan, mengatakan

“Dalam penandatangan itu, Pemkot Jayapura diwakili oleh Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru MM,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura, Benton Nainggolan, Selasa (25/9).

Binton menjelaskan penandatanganan MoU itu, sesuai dengan arahan Wali Kota Jayapura terkait visi dan misi Smart City dan menindaklanjuti workshop Prof Suhono sebagai Ketua Asosiasi Kota Cerdas Indonesia.

“Hasil dari penandatanganan Mou akan disusun perjanjian kerjasama antara tim SCCIC ITB atau Komunitas Peneliti Pengembangan Smart City ITB dengan Kominfo Kota. Kami akan susun dalam satu minggu ini perjanjian kerjasamanya,” katanya.

Binton menambahkan, pihaknya akan mulai rencana rencana tindaklanjut, salah satunya adalah penyusunan tentang kerjasama tahunan yang akan dimulai tahun 2019.

“Untuk Smart City sesungguhnya bukan bicara tentang IT semata, namun mendorong masyarakat di Kota Jayapura agar berpikir smart atau cerdas. Saya mencontohkan seperti permasalahan sampah, permasalahan keamanan dan permasalahan lalu-lintas ini kita bisa mencarikan solusi secara smart,” pungkasnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY