JAYAPURA (PT) – Kodim 1714/Puncak Jaya bersama masyarakat dan beberapa anggota melaksanakan acara bakar batu dalam rangka persiapan melaksanakan kegiatan pertanian Kampung Ondugi, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak Jaya, Rabu (26/9).

Kegiatan ini merupakan tradisi sebelum melaksanakan penanaman sebagai bentuk doa agar rencana masyarakat dalam menanam nantinya mendapat hasil yang banyak sehingga masyarakat dapat merasakan hasil pertanian secara maksimal sekaligus pembinaan masyarakat oleh Kodim 1714/Puncak Jaya.

Acara bakar batu ini dihadiri sekitar 60 orang masyarakat bersama dengan beberapa anggota Kodim 1714/Puncak Jaya dan Koramil 1714-05/Beoga selaku penggerak kegiatan pertanian di wilayah, sekaligus berpartisipasi dalam acara itu, membantu penyiapan acara memberikan bantuan sembako berupa beras 5 karung, minyak 5 jerigen, pinang, diakhir acara guna menjaga hubungan baik dengan masyarakat binaannnya.

Dandim 1714/ Puncak Jaya, Letkol Inf Akmil Darmawi mengatakan, sebagai penggerak kegiatan pertanian di wilayahnya, Kodim dan jajarannya ikut berpartisipasi dalam acara dimana TNI datang untuk membantu dalam penyiapan sekaligus memberikan bantuan sembako guna membantu kebutuhan masyarakat.

Yulianus Magai, seorang warga Kampung Ondugi mengatakan kegiatan bakar batu merupakan tradisi dan doa leluhur yang selalu dilaksanakan sebagai persiapan sebelum melaksanakan kegiatan pertanian secara gotong royong.

“Kami sangat senang dan berterimakasih kepada bapak TNI yang telah memberikan bantuan berupa sembako, semoga hubungan ini akan terus terjaga dan TNI semakin dekat dengan rakyatnya,” ungkap Yulianus.

Acara penanaman diawali dengan kegiatan bakar batu sekaligus memanjatkan doa kepada Yang Kuasa sebelum proses tanam dimulai. Hal ini merupakan budaya masyarakat kampung Ondugi yang sudah turun temurun sering dilakukan bersama sebagai wujud kebersamaan dan gotong royong. (jul/rm)

LEAVE A REPLY