JAYAPURA (PT) – Kapolda Papua Irjen Pol Drs Martuani Sormin, MSi melakukan tatap muka dengan para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat dalam rangka pemilu aman, damai dan sejuk di Papua pada tahun 2019 di yang digelar di Hotel Matoa Kota Jayapura, Selasa (25/9).

Kegiatan itu, juga dihadiri Pejabat Utama Polda Papua, Ketua LMA Port Numbay, George Awi, Ketua FKUB Kota Jayapura Pdt Willem Itaar, STh, Ketua MUI Kota Jayapura, tokoh agama tokoh masyarakat Kota Jayapura dan Ketua Paguyuban Se Kota Jayapura.

Kapolda Martuani Sormin mengatakan, jika kegiatan ini dalam rangka meningkatkan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama. Apalagi, sebagai aparat kepolisian, tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari para tokoh dan masyarakat.

Menurutnya, kehadirian tokoh-tokoh di masyarakat dapat membantu tugas pokok kepolisian terutama menyangkut dalam hal keamanan kenyamanan di Kota Jayapura dan dapat menjalin hubungan yang baik antar umat beragama.

“Bilamana kami diberikan waktu untuk hadir, kami akan menghadiri kegiatan keagamaan, baik itu di gereja, masjid, pura dan tempat-tempat ibadah lainnya,” ucap kapolda.

Dihadapan para tokoh itu, Kapolda menegaskan, jika ia sudah menerapkan kepada anggota Polda Papua untuk tidak menggunakan narkoba dan miras. Bahkan jika ditemukan ada anggota yang menggunakan narkoba akan ditindak dengan tegas.

Terkait dengan pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2019, Kapolda menegaskan kepada anggotanya untuk bertindak netral dalam nuansa politik di tahun politik, termasuk tidak berfoto dengan mengacungkan jari yang menandakan nomor urut capres maupun caleg.

“Kita harus netral dan jaga profesionalitas Polri dalam setiap pelaksanaan tugas,” tegasnya.

Sementara itu Ketua LMA Port Numbay, George Awi menyampaikan apresiasi kepada Polda Papua yang telah melibatkan para tokoh ini dalam tatap muka tersebut.

“Kedatangan Kapolda memberikan kesejukan kepada kami yang hadir semua di sini begitu hadir kami langsung disambut dengan berjabatan tangan kepada seluruh hadirin ini merupakan suatu penghargaan yang luar biasa dari Kapolda kepada kami,” ucap George Awi.

Senada dengan pelaksanaan Pileg dan Pilres 2019, George Aie mengatakan, jika masyarakat khususnya di Kota Jayapura dan di wilayah Papua siap untuk mendukung tugas-tugas kepolisian dalam mendukung dan suksesnya pelaksanaan Pileg dan Pilres 2019 ke depan.

Ditambahkan, kebanyakan permasalahan yang timbul dikarenakan oleh Ketua-ketua parpol yang berbeda-beda pendapat, begitupula dengan adanya berita-berita hoax yang berkembang di masyarakat dapat memicu terjadinya permasalahan.

“Kami berkomitmen untuk tetap mendukung Kepolisian khususnya Polda Papua,” pungkasnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY