JAYAPURA (PT) – Kepala Inspektorat Kota Jayapura, Ahmad Idrus mengatakan pengukuran Aparat Pengawas Intern Pemerintah( APIP ) di tahun 2019 akan naik level dari level II ke Level III.

“Di Papua saja, pengawas intern pemerintah untuk kabupaten/kota masih di level II, termasuk di lingkungan Pemkot Jayapura, sehingga kita berusaha naik ke level III,“ kata Ahmad Idrus, Kamis (27/9).

Oleh sebab itu, kata Ahmad Idrus, untuk APIP Pemkot Jayapura sementara lagi mendapatkan bimbingan dari BPKP terkait apa saja yang belum ada untuk selesaikan dan yang belum sempurna nanti akan disempurnakan.

“Untuk tenaga auditor APIP memang masih kurang. Kita punya pengawas intern pemerintah sekarang ini ada sekitar 24 auditor saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, jumlah tenaga yang dibutuhkan sebanyak 50 auditor, yang sementara proses mengikuti testing auditor pemerintah yang dinyatakan lulus skitar 30 an orang.

“Kita butuh tenaga muda di lapangan, secara kuantitas masih mengalami kekurangan,” ujarnya.

Yang jelas, kata Ahmad Idrus, target tahun 2018 ini, pihaknya menargetkan bisa terjadi peningkatan menuju level III sesuai strategis nasional.

“Ini penting sesuai harapan Presiden Joko Widodo di tahun 2019 sudah harus ada peningkatan APIP di lingkungan Pemkot dinas inspektorat,” ujarnya.

Ahmad Idrus menambahkan, jika sudah nalik ke Level III, maka Pemkot Jayapura sudah bisa mengungkapkan tingkat kebocoran dan korupsi.

“Untuk di level II tingkat keyakinan kualitas kepada OPD bahwa mereka melakukan kegiatan dananya harus sesuai dengan out put. Jadi apabila dana diperhadapkan dengan kegiatan harus efesien dan efektif,” imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY