JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua akan melakukan evaluasi terhadap sejumlah program kerja yang dilakukan dari 2013-2018.

“Semua program akan kita evaluasi seperti program Gerbangmas, Prospek, KPS dan perumahan termasuk pembagian dana Otsus sesuai dengan arahan gubernur,” kata Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Dr Muh Musa’ad kepada wartawan di Jayapura, Kamis (27/9).

Disinggung mengenai program Gerakan Bangkit Mandiri Dan Sejahtera Harapan Seluruh Rakyat Papua (Gerbangmas Hasrat Papua), Musa’ad mengaku, tahun ini Pemprov Papua mengalokasikan anggaran Rp 300 miliar untuk 15 kabupaten.

Dari 15 kabupaten itu, langsung mengelola anggaran Gerbangmas Hasrat Papua, sementara provinsi sifatnya mengawal anggaran bagi bidang ekonomi.

“Hal ini sesuai dengan arahan pak gubernur, agar semua fokus tidak lagi terlalu banyak membuat program,” terangnya.

Mengenai hasil capaian program Gerbangmas Hasrat Papua, Musa‘ad menilai sudah mampu memberikan jaminan 100 hari kehidupan lebih baik di kampung maupun distrik telah mendapat pelayanan yang lebih baik.

“Sementara untuk sektor pendidikan juga menunjukkan hasil yang baik seperti di Kabupaten Lany Jaya dan PAUD yang kita bantu dari Gerbangmas dan sektor ekonomi di Kabupaten Sarmi ada minyak goreng piko dan produk dari sagu,” ungkapnya.
Namun, untuk memaksimalkan program-program yang dilakukan pada tahun 2013-2018, Pemprov Papua akan melakukan survei terhadap masyarakat bagaimana program-program yang telah dilakukan untuk menjadi dasar penyusunan RPJMD.

“Khusus untuk penyusunan RPJMD2018-2023 tidak hanya dilakukan di Kota Jayapura, tetapi akan dilakukan pada lima titik. Jadi, semacam diskusi,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY