JAYAPURA (HPP) – Pemerintah Kota Jayapura menggelar upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di lapangan apel Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (1/10).

Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, sekaligus untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dan kerukunan.

Wali Kota yang akrab disapa BTM ini mengatakan, hubungan kerukunan dan toleransi perlu terus dijaga, demi keharmonisan satu dengan yang lain.

“Kita berbeda-beda agama, tapi kita satu,” katanya.

Menurutnya, Pancasila sebagai dasar negara, yang mempererat tali persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, Pancasila juga untuk meningkatan kerukunan dan menghormati satu sama lainnya.

“Bukan hanya itu, selain keanekaragaman, kerukunan dapat membangkitkan gelora semangat Pancasila di tingkat kelurahan/kampung dan RT RW sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelasnya.

Wali Kota BTM meminta agar nilai-nilai Pancasila harus terus ditanamkan dan menjadi filosofi serta menjadi nilai kehidupan bermasyarakat yang hetrogen di tengah Kota Jayapura.

“Itulah makna Hari Kesaktian Pancasila sebagai tonggak pemersatu bangsa,” imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY