MERAUKE (PT) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 73, TNI menggelar bhakti sosial operasi bibir sumbing dan katarak yang dilaksanakan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Merauke, Rabu (03/10).

Kepala RS Angkatan Laut Merauke, Mayor Laut dr Tutut SandiW, SPb mengatakan, pasien yang ikut dalam operasi dengan berjumlah 42 orang terdiri dari operasi bibir sumbing dan katarak.

Tak hanya melaksanakan operasi bibir sumbing dan katarak, RS AL Merauke juga melakukan iva test yang diikuti oleh 50 orang.

“Direncanakan, operasi bibir sumbing ini sejumlah 8 orang anak yang berkisar 6 bulan hingga 17 tahun, sedangkan untuk katarak 34 orang,” katanya.

Untuk peserta, ia mengungkapkan, semua yang mengikuti bhaksos di RSAL itu berasal dari Kota Merauke dan sekitarnya.

“Operasi ini kita gratiskan dan tidak ada pungutan biaya sepeserpun, pasien yang berasal mulai dari Jagebob, Nokenjeri, Spadem, Satuan Pemukiman (SP) dan Kota Merauke. Jadi untuk peserta ini difasilitasi semuanya dari transportasinya, dari jemput hingga pulang,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebelum dilakukan operasi, pihaknya sudah melakukan screening untuk memeriksa pasien mana yang layak untuk dilakukan operasi.

“Dalam proses screening untuk melihat, umurnya atau ada penyakit lain atau tidak, proses screening sudah dilakukan sejak 27 sampai 29 September lalu,” imbuhnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY