JAYAPURA (PT) – Anggota Polsek Jayapura Selatan Aipda S Letsoin bersama AKP Matelda dari Direktorat Binmas Polda Papua melakukan pertemuan bersama warga RT 02/RW 03 Polimak II Batu Karang, Kelurahan Ardipura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Minggu (7//18) pukul 15.00 WIT.

Pertemuan itu, guna membahas keamanan lingkungan tentang bagaimana sistem keamanan dan cara mengamankan lingkungan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, peredaran ganja dan orang mabuk.

Ketua RT 02/RW 03, Riko Ilintutu mengakui jika Poskamling di lingkungannya, sudah tidak berfungsi lagi, sehingga ronda sudah tidak berjalan lagi. Akibatnya, banyak anak-anak muda dari luar yang masuk ke kompleks dan duduk miras maupun menghisap ganja.

“Untuk mengantisipasi hal itulah, kami mengadakan pertemuan ini,“ katanya.

Ditempat yang sama, Aipda S Letsoin menanggapi hal tersebut dan mengatakan bahwa keamanan adalah sesuatu hal yang sangat mahal, karena tanpa adanya keamanan, maka hidup warga di lingkungan itu, tidak akan aman dan nyaman, diri pribadi tidak aman, apalagi keluarga dan harta benda.

Menurutnya, Poskamling ada dan hadir di tengah-tengah masyarakat bukan saat ini saja, melainkan sejak jaman nenek moyang kita.

“Kenapa sampai dibuat poskamling di kompleks maupun di setiap kelurahan, hal itu terkandung maksud dan tujuan agar kita aman dan nyaman baik pribadi kita maupun keluarga kita. Untuk itu, setiap malam piket pos ronda harus dihidupkan/dijalankan kembali,” kata Aipda Letsoin.

Ia mengajak semua warga untuk menjalankan atau mengaktifkan kembali kegiatan piket ronda malam khususnya di pos kamling RT 02/RW 03 agar mencegah niat jahat pihak-pihak lain yang ingin melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga dapat dicegah karena kejahatan terjadi bila ada niat tapi kalau tidak ada kesempatan kejahatan itu pasti tidak akan terjadi.

AKP Matelda Ulukyanan dari Dit Binmas Polda Papua mengaku bersyukur karena dengan berdirinya poskamling dapat memberikan keuntungan lebih dalam meringankan tugas kepolisian, karena keamanan dalam negeri ini bukan tugas Polisi saja melainkan tugas kita bersama demi keamanan dan lingkungan.

“Untuk itu, mari hidupkan/aktifkan kembali pos ronda malam agar dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,“ imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY