JAYAPURA (PT) – Persipura Jayapura kembali gagal membawa pulang poin dari Samarinda. Tim kebanggaan masyarakat Papua ini kalah dengan skor 2-1 dari Borneo FC pada laga pekan ke 24 Liga 1 di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (8/10).

Dua gol Borneo FC pada laga ini seluruhnya diborong oleh Matias Conti (58′ dan 62′). Sementara gol Persipura dicetak oleh Addison Alves pada menit ke-68.

Pelatih Persipura Jayapura, Osvaldo Lesa mengatakan, anak asuhannya memulai pertandingan dengan baik hingga jeda babak pertama.

Hanya saja, dua gol cepat dibabak kedua membuat pemain harus bekerja keras. “Setelah gol, kita langsung respon sengan masukan Frisca Womsiwor, hasilnya bisa buat satu gol, tapi Borneo bisa bertahan baik di sisa waktu untuk mempertahankan kemenangannya,” ujar Lesa.

Lesa mengakui, bermain di Borneo sulit untuk mendapatkan poin. “Kita tahu, Borneo FC tim dengan materi pemain yang bagus,” ujarnya.

Striker Persipura Jayapura, Addison Alves memberikan ucapan selamat kepada Borneo FC yang bisa meraih tiga poin. Hanya saja, Pemain asal Brasil itu mengimbau kepada PSSI untuk bisa melakukan evaluasi kepada perangkat pertandingan.

“PSSI perlu evasluasi wasit, saya bicara profesional, wasit jangan takut berikan finalti jika terjadi pelanggaran, kita dirugikan dengan keputusan wasit,” kecamnya.

Dari jalannya pertandingan sepanjang 45 menit pertama pertandingan, kedua tim masih bermain seimbang. Jual beli serangan terjadi antara kedua tim. Sedangkan di wilayah penguasaan bola, baik Borneo FC maupun Persipura Jayapura tak ada yang mendominasi.

Sebetulnya, skuat Pesut Etam mendapatkan peluang emas lima menit sebelum babak pertama selesai. Aksi solo run Titus Bonai melalui skema serangan balik dari sisi kiri penyerangan berhasil menciptakan situasi berbahaya di lini pertahanan skuat Mutiara Hitam.

Namun, Tijani Belaid yang mampu menerima umpan silang yang dikirimkan oleh Titus Bonai gagal mengambil keputusan dengan cepat.

Para pemain Persipura lebih dulu kembali ke lini pertahanan dan berhasil memberikan pengawalan ketat kepada Belaid.
Di Babak kedua, gol pertama pada laga ini lahir dari tim tuan rumah.

Saat laga memasuki menit ke-58, umpan silang Dirga Lasut dari sisi kanan penyerangan berhasil disambut dengan sundulan oleh Matias Conti.

Kiper Persipura Dede Sulaiman pun tak mampu mengantisipasi tandukan bomber asal Prancis tersebut. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan skuat Pesut Etam. Tiga menit berselang, mala petaka kembali menghamipiri kubu Persipura Jayapura.

Kali ini, aksi individu Tijani Belaid di dalam kotak penalti terpaksa dihentikan dengan pelanggaran oleh Yohanis Tjoe. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Adapun Matias Conti yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Eksekusi penaltinya berhasil menipu kiper Persipura, Dede Sulaiman, sekaligus mencetak gol keduanya pada laga ini.

Tertinggal dua gol, pelatih Persipura, Oswaldo Lessa, merespon cepat. Salah satu tenaga baru dimasukkan untuk menambah daya gedor, yakni Friska Womsiwor.

Akhirnya, Persipura berhasil memperkecil kedudukan saat laga memasuki menit ke-68. Gol ini berawal dari sepakan keras Boaz yang membentur tiang gawang.

Bola muntah tersebut langsung disambar oleh Addison Alves dan sukses merobek jala gawang Borneo FC. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan skuat Pesut Etam.

Namun, menjelang akhir pertandingan, kedua tim memang sempat terlibat perselisihan. Saat memasuki babak tambahan waktu, wasit terpaksa mengeluarkan kartu merah yang ditujukan kepada Tijani Belaid.

Kartu merah ini dikeluarkan lantaran Tijani sempat memukul kepala pemain Persipura saat kedua tim terlibat friksi. Hingga berakhirnya pertandingan, skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Titus Bonai dkk. (lam/rm)

LEAVE A REPLY