JAYAPURA (PT) – Dinas Pemberdayaan Perempuan Kota Jayapura berupaya untuk terus mendorong agar kaum perempuan khususnya Orang Asli Papua (OAP) untuk terjun ke bidang politik.

Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Perempuan Kota Jayapura menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas bagi Perempuan OAP khususnya di Bidang Politik yang berlangsung di Aula Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (9/10).

Plt Sekda Kota Jayapura, DR Frans Pekey, MSi mengatakan dalam penyelenggaraan Pemerintahan saat ini menjadi salah satu aspek penting dan harus direspon dalam setiap pembangunan di Kota Jayapura.

Oleh sebab, kata Frans Pekey, gender merupakan salah satu tujuan utama pembangunan global. “Secara khusus Kota Jayapura kesetaraan gender sudah tertuang dalam misi ke 3 Pemkot, yaitu peningkatan sumber daya masyarakat dengan sasaran tercapainya kesetaraan gender dalam berbagai bidang pembangunan, termasuk politik,” jelasnya.

Frans Pekey mengakui bahwa partisipasi kaum perempuan dalam bidang politik saat ini sangat rendah, karena berbagai kendala baik dalam diri perempuan itu sendiri atau dari luar.

“Saya mencontohkan seperti kurang percaya diri, kurang berani mengambil peran dan masih adanya pemikiran bahwa politik itu kotor, kasar dan keras. Kita pemerintah terus dorong tingkat partisipasi kaum perempuan dalam politik ini agar meningkat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Workshop, Oktovina Mano, mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman akan peran perempuan calon legislatif sebagai calon wakil rakyat.

“Selain itu, mendorong kepada partai politik peserta pemilihan umum (pemilu) untuk mendukung calon legislatif perempuan yang benar benar berkualitas,“ imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY