JAYAPURA (PT) – Kabupaten Mimika didapuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Basket tahun 2018.

Kejurda itu akan digelar di GOR Basket Mimika Sport Center yang dibangun PT Freport Indonesia mulai akhir bulan ini, yang akan diikuti semua kabupaten/kota se Papua.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Papua, Ribka Haluk kepada wartawan di Jayapura, Kamis (11/10).

Ribka mengakui, Kabupaten Mimika sudah sangat siap dan sekarang Bupati Mimika sedang berupaya melobi manajemen PT Freeport agar GOR Basket yang dibangun itu bisa digunakan dalam Kejurda itu.

“Fasilitas olahraga di Mimika Sport Center sudah selesai dibangun, tinggal diresmikan. Harapan kita diresmikan bapak gubernur dan bisa dipakai untuk Kejurda nanti,” kata Ribka.

Dikatakan, kesiapan tim basket dari kabupaten/kota sudah siap, hasil koordinasi dengan Perbasi Kabupaten Mimika mereka juga sudah sangat siap.

“Bupati Mimika juga sebagai ketua Perbasi. Jadi, prinsipnya kejurda di sana tidak ada masalah dan semua daerah siap meramaikan event itu,” ujarnya.

Oleh karena itu, dari event ini Perbasi Papua bisa melihat pemain-pemain terbaik untuk bergabung dengan tim basket PON XX 2020 Papua.

“Kita harus rekrut atlet terbaik untuk mengembalikan kejayaan tim bola basket Papua. Untuk mencapai itu, maka yang harus dilakukan lebih awal adalah mempersiapkan atletnya, saya optimis bola basket Papua akan lebih baik,” ujarnya.

Ribka mengaku jika tim basket Papua sudah sangat siap untuk melalukan pemusatan latihan.

“Perbasi Papua sudah masukan draft rencana pemusatan latihan ke KONI, tapi sampai saat ini belum ada jawabab, sementara cabang olahraga beladiri sudah gelar pemusatan latihan,” pungkasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY