JAYAPURA (PT) – Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Yahukimo akan melakukan perekaman KTP-el secara massal di Yahukimo.

Kepala Dinas Sosial, Kependudukan Catatan Sipil Papua, Ribka Haluk mengatakan, perekaman KTP-el massal, bukan saja di Yahukimo, tetapi juga di Paniai, Intan Jaya dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Empat kabupaten ini, perekaman KTP-el masih dibawah lima persen, makanya kita akan lakukan perekaman massal,” kata Ribka Haluk kepada wartawan di Jayapurs, Kamis, 11 Oktober 2018.

Ribka mengatakan, perekaman massal KTP-el akan dimulai dari Kabupaten Yahukimo, karena jumlah penduduk di daerah itu sangat banyak. Sementara jumlah perekaman KTP-el di Papua baru mencapai 42 persen.

Untuk itu, pihaknya akan aktif melakukan jemput bola untuk meningkatkan jumlah perekaman KTP-el di Papua.

“Kita akan lakukan perekaman massal dengan mengumpulkan masyarakat, apalagi empat kabupaten itu merupakan daerah konflik, sehinga kita perlu melakukan pendekatan dengan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan perekaman KTP-el di sekolah-sekolah. Mengingat, banyak siswa yang umurnya sudah 17 tahun.

“Sekolah-sekolah juga jadi target. Kita akan melakukan perekaman, hal ini juga membantu siswa untuk mengurus administrasinya ketika mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” tandasnya.

Ribka menambahkan sesuai dengan target per 31 Desember 2018, perekaman KTP di Papua sudah 100 persen. Oleh karena itu, dirinya juga mengimbau Disdukcapil di kabupaten/kota aktif melakukan perekaman KTP-el.

“Kami harapkan pemerintah kabupaten/kota jemput bola dengan melakukan perekaman pada setiap distrik seperti yang dilakukan Kota Jayapura,” tuturnya.

Ditambahkan, akhir bulan ini, Pemprov Papua menjadi tuan rumah rapat kerja Disdukcapil se Indonesia. “Semua perwakilan Disdukcapil Provinsi akan datang ke Jayapura,” imbuhnya.(lam/rm)

LEAVE A REPLY