JAYAPURA (PT) – Kepala Bidang Pengendalian Operasional Perhubungan Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Justin Sitorus, mengatakan, jika pihaknya bersama Dinas Perhubungan Provinsi Papau, Ditlantas Polda Papua, Satpol PP Provinsi Papua dan Satpol PP Kota Jayapura turun ke lapangan guna mengatasi kemacetan di Padangbulan dan Abepura, Selasa (16/10).

“Kita mencoba rekayasa lalu lintas selama perbaikan jalan alternatif, dimana trayek Abepura ke Padanbulan dan trayek Entrop ke Padangbulan kita arahkan mutar di lingkaran Abepura saja,” kata Justin Sitorus saat ditemui kemaren di Balai Kota Jayapura.

Justin menjelaskan perbaikan jalan alternatif dilakukan dengan cara rekayasa lalu lintas itu, maka kemacetan di daerah Padang Bulan dan sekitarnya diharapkan bisa terurai.

Sebelumnya, rekayasa lalu lintas dilakukan 12 Oktober lalu dan dampaknya sangat signifikan dalam mengurai kemacetan terutama di wilayah Abepura dan Padangbulan.

“Kita akan tetap memberlakukan sampai jalan
alternatif ini selesai dikerjakan. Seperti kita tahu bahwa pasca diperbaiki jalan alternatif semua warga menggunakan jalan protokol,” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan rekayasa ini maka penumpang yang hendak ke Padangbulan harus menggunakan taxi jurusan Abe-Waena. Sebelumnya taxi starwagon bisa sampai ke Padangbulan.

“Kami harapkan jalan alternatif secepatnya bisa berfungsi dan jika jalan itu sudah berfungsi maka rekayasa ini akan dievaluasi lagi apakah tetap dipertahankan atau dikembalikan seperti semula,” imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY