JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kota Jayapura menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2018 yang berlangsung di Aula Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (17/10).

Rakerda Kota Jayapura ini, bertemakan ‘Peluang dan Tantangan dalam Pencapaian Visi Misi Pemerintah Kota Jayapura‘ dan sub tema ‘Melalui e-Goverment Kita Tuntaskan Program Strategis dan Menuju Sukses PON XX tahun 2020‘.
Acara ini, dibuka oleh Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tomi Mano, MM, yang dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa, SH, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Saru, MM, Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, Forkompinda Kota Jayapura, para pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Jayapura, termasuk para kadistrik, lurah dan kepala puskesmas.
Dalam laporannya, Plt Sekda Kota Jayapura, DR Frans Pekey, mengatakan, rakerda ini dilaksanakan guna membahas berbagai hal keberhasilan pembangunan, isu strategis dan tantangan serta permasalahan pembangunan yang dihadapi oleh pemerintah daerah.

“Forum ini diharapkan menghasilkan rekomendasi yang menjadi rencana ke depan untuk kepentingan perkembangan pembangunan, sekaligus mewujudkan visi misi Kota Jayapura,” kata Frans Pekey.
Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa, SH dalam arahannya menyampaikan, keberhasilan pembangunan daerah tentunya harus didukung dengan kinerja yang baik dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang mampu merumuskan semua kebijakan pimpinan daerah dalam programnya.

Dikatakan, beberapa kebijakan daerah harus disinkronisasikan sehingga penyelengaraan pemerintahan di Kota Jayapura dapat disejajarkan dengan daerah lain yang ada di Indonesia.
“Untuk Kota Jayapura, Pemprov Papua memberikan apresiasi atas kinerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura yang telah membawa perubahan yang semakin baik di Kota Jayapura, baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang sudah berjalan signifikan dan maksimal,“ kata Doren Wakerkwa.
Menurutnya, dalam penyelenggaraan pemerintahan ada 3 dimensi yang perlu menjadi perhatian yaitu dimensi hukum, dimensi politk  serta dimensi adminiatrasi yang harus diperhatikan dalam dalam tertibnya penyelenggaraan pemerintahan.
Selain itu, kata Doren, dukungan Pemprov Papua atas persiapan perhelatan PON XX tahun 2020. Dukungan itu, akan dianggarkan melalui program masing-masing OPD di lingkungan Pemkot Jayapura tahun 2019.
“Gubernur prioritaskan pembangunan PON XX di Kota Jayapura, diikuti Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Wamena. Untuk itu, Bappeda Kota Jayapura harus segera mengajukan ke Sekda perihal program dan daftar venue cabor yang akan disiapkan,” katanya.
Ia meminta seluruh OPD agar senada dan terintegrasi dengan visi dan misi Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM dan Wakil Wali Kota Ir H Rustan Saru, MM. Diharapkan rakerda yang merupakan ajang evaluasi dan refleksi kegiatan terdahulu mampu memberikan solusi dan menjalankan program strategis pemerintah dengan baik.
Dalam rapat kerja ini, juga dilakukan penandatangan komitmen Wali Kota Jayapura bersama muspida dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 dan sukseskan Kota Jayapura menuju PON XX tahun 2020. (ket/rm)

LEAVE A REPLY