JAYAPURA (PT) – Kontingen Provinsi Papua berhasil meraih 1 medali emas, 2 perak dan 3 medali perunggu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang digelar di Bau-bau, Provinsi Sulawesi Tenggara, 15 – 18 Oktober 2018.

Manajer Tim Dayung Papua, Pere Karoba mengatakan, hasil itu sudah melampui dari target.

“Prestasi tim dayung PPLP Papua sudah melebih target, awalnya kita berharap anak-anak bisa masuk final, tetapi mereka berjuang dan bisa mendapat medali emas, perak dan perunggu,” ujar Pere Karoba dihubungi, Kamis (18/10).

Mantan pedayung putri Indonesia pertama yang tampil di Olimpiade Athena (Yunani) tahun 2004 silam ini, mengatakan, prestasi atlet dayung Papua ini diharapkan dapat dipertahankan pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019.

“Kami sangat bersyukur dengan prestasi ini dan kejurnas Dayung PPLP tahun ini, kita jadikan sebagai ajang mengasah mental bertanding dan mencari pengalaman untuk tampil di Popnas tahun depan,” ujarnya.

Pere Karoba mengatakan, Kejurnas Dayung PPLP yang diikuti 15 provinsi, PPLP Papua menurunkan 10 atlet yang terdiri dari 6 atlet putra dan 4 putri.

Diketahui, medali emas diraih oleh Juita Koibur dan Ester Fransina Daymoi yang turun pada nomor Kaya 2 Putri Jarak 500 meter. Medali perak, diraih Herlin Aprilia Laly, nomor Cano 1 Putri Jarak 1.000 Meter, dan Popi Hattu Mesin Ergometer Jarak 2000 meter.

Sementara medali tiga medali perunggu diraih oleh Rio Alwin Ibo dan Ferdinan Sidan Wanggai, nomor Cano 2 Jarak 1.000 meter. Gad Stenly Ibo, nomor Kayak 1 Putra 1000 meter, dan Popi Hattu yang turun di nomor Singgele Scoule Jarak 1000 Meter.

Tim dayung PPLP Papua didamping Pelatih Kepala Rosmina Sanggrabbano, Erni Sokoy dan Maya Daymoi.

Diketahui, Tim dayung PPLP Jambi berhasil menjadi juara umum pada Kejurnas antar PPLP, PPLPD dan SKO se Indonesia di Kota Baubau.

Tim Dayung Jambi berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 4 emas dan 1 perunggu. Sementara peringkat kedua ditempati tim dayung PPLP DKI Jakarta dengan raihan 2 emas, 3 perak dan 1 Perunggu. Posisi ketiga ditempati tim dayung PPLP Maluku dengan raihan 2 emas dan 1 perak. (lam/rm)

LEAVE A REPLY