JAYAPURA (PT) – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV tahun 2019 di Papua akan mempertandingkan 20 Cabang Olahraga (Cabor) dan 1 cabor eksebisi, yang terdiri dari 4 Cabor Terukur, 7 Cabor Beladiri, Cabor Akurasi dan 8 Cabor Permainan dan 1 Cabor Eksebisi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Povinsi Papua, Drs. Daud Ngabalin diwakili Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Timothius Matuan, SPd, MPd saat pemaparan penyelenggaraan POPNAS XV 2019 disela-sela Pelatihan Manajemen Olahraga dan Kapasitas Organisasi Fungsional, Profesional dan Prestasi, di Hotel Sahid Jayapura, Rabu (17/10).

“Penyelenggaraan POPNAS Papua diputuskan mempertandingkan 20 Cabor dan 1 Cabor Eksebisi. Hingga saat ini, kita terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) kepanitian untuk mulai bekerja,” kata Matuan.
Dijelaskan Timothius, Cabor-cabor yang disepakati untuk dipertandingkan di POPNAS antara lain Cabor Terukur meliputi Angkat besi, Atletik, Dayung, Renang. Cabor Beladiri terdiri dari Gulat, Judo, Karate, Pencak Silat, Taekwondo, Tarung drajat, Tinju dan Cabor Akurasi adalah Panahan.

Sedangkan Cabor Permainan meliputi Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Tenis Lapangan, Tenis meja, Bulu Tangkis, Sepak Bola, Sepak Takrauw. Sementara itu, untuk Catur diperlombakan untuk eksebisi.

Matuan mengatakan, POPNAS XV Papua mengemban 4 sukses yakni Sukses Prestasi, Sukses Penyelenggara, Sukses Administrasi dan Sukses Pembangunan Daerah.

Sukses Prestasi sebagai tuan rumah mampu menunjukkan keunggulan prestasi dibanding atlet kontingen daerah lain. Harapan lain bahwa ada POPNAS XV diharapkan rekor-rekor baru nasional pelajar akan muncul menuju kebangkitan prestasi dunia pada tahun 2025.

Sukses Penyelenggara sebagai wahana uji coba kesiapan penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di lima cluster. Dalam penyelenggaraan POPNAS XV semua kegiatan pertandingan dan kegiatan pendukungnya dilaksanakan dengan baik dan lancar.

“Kemudian Sukses Admintrasi. Semua urusan yang terkait dengan penggunaan dan kerja sama penyelenggaraan dengan semua pihak dilakukan sesuai aturan yang berlaku, transparan dan wajar sehingga kemudian hari tidak muncul permasalah yang tidan perlu,” jelas Matuan.

Selanjutnya, Sukses Pembangunan Daerah. Penyelenggaraan POPNAS XV membawa dampak percepatan pembangunan daerah Papua, baik terkait perbaikan infrastruktur fisik maupun peningkatan kualitas kehidupan sosial ekonomi serta sosial budaya.

Peserta POPNAS XV diperkiraan mencapai 13.736 orang terdiri dari 11.152 atlet putra putri dan official pelatih sebanyak 2.584 orang.

“Jumlah nomor terdiri dari 264 nomor pertandingan masing-masing untuk nomor pertandingan putra sebanyak 140 dan puteri sebanyak 121 nomor,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembibitan Olahraga Prestasi Disorda Papua, Dominggus Lutrun, SSos, MPd dalam pemaparannya mengenai kesiapan Papua menghadapi POPNAS XV dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 menjelaskan, penyelenggaraan POPNAS akan digelar di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, sedangkan pertandingan PON tersebar di lima cluster yakni cluster Jayapura, Biak Numfor, Mimika, Jayawijaya dan Merauke.

Untuk cluster Jayapura mempertandingkan 29 Cabor yang tersebar di Kota Jayapura sebanyak 16 Cabor dan 1 Cabor babak penyisihan serta Kabupaten Jayapura 13 Cabor. Cluster Mimika 8 Cabor, Merauke 4 Cabor, Biak Numfor 10 Cabor dan cluster Jayawijaya 4 Cabor.

“Hasil pembagian dan distribusi Cabor terkini adalah tersebar di 5 cluster dengan melibatkan kabupaten-kabupaten penyangga. Seperti di Cluster Jayapura melibatkan Kabupaten Keerom, cluster Biak Numfor melibatkan Kabupaten Supiori dan Kepulauan Yapen. Kemudian cluster Jayawijaya melibatkan Kabupaten Tolikara,” imbuhnya. (ans/rm)

LEAVE A REPLY