TOLIKARA (PT) – Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo, SE, MSi melakukan penandatanganan naskah perjanjian hibah (NPH) antara Pemkab Tolikara dengan 5 Partai Politik dan 1 lembaga swasta pendidikan di Tolikara.

Penandatangan naskah hibah itu disaksikan Ketua DPRD Tolikara, Ikiles kogoya, Asisten I Sekda Tolikara, Adi Wibowo, SH dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Aula Rapat Sekretariat Dewan, Karubaga, Kabupaten Tolikara, Rabu, 24 Oktober 2018.

Kelima pimpinan partai politik yang hadir menandatangani naskah hibah itu adalah Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai PKPI dan Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sementara itu 5 partai lagi yang belum menandatangani naskah hibah karena belum hadir berhalangan, namun akan dilakukan penandatangan menyusul. Naskah hibah perjanjian ini dilakukan hanya 10 Partai politik saja, karena sesuai aturan yang berhak menandatangani naskah hibah ini hanya bagi partai yang memiliki kursi di DPRD Tolikara.

Bupati Usman G Wanimbo menegaskan bahwa bantuan hibah diberikan kepada partai politik yang sudah memiliki kursi di DPRD Tolikara untuk melakukan pembinaan – pembinaan bagi kader partai.

Pembinaan kader partai itu diantaranya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan partai, dan pengembangan serupa lainnya.

Apalagi, kata Bupati Usman Wanimbo, anggota legislatif ini sebagai penyeimbang pembangunan dengan eksekutif, sehingga peningkatan sumber daya manusia patut diberikan perhatian penuh dari pemerintah.

“Besaran dana hibah diberikan sesuai dengan jumlah kursi yang ada dari masing – masing partai, sehingga partai yang memiliki jumlah kursi lebih diberikan dana lebih besar, misalnya saja Partai Demokrat memiliki kursi 3 kersi sehingga dari persentase 3 kursi itu menerima dana hibah lebih dari Rp 42 juta,” katanya.

Sementara itu, bantuan dana hibah untuk lembaga pendidikan menurut Bupati Usman Wanimbo, diberikan untuk pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan melalui lembaga pendidikan di beberapa lembaga pendidikan swasta yang tersebar di seluruh Tolikara.

“Sudah sejak periode pertama saya hingga periode kedua ini, memberikan bantuan hibah kepada lembaga pendidikan seperti yayasan pendidikan YPPGY, Sekolah Papua Harapan, Sekolah Op Angen dan Sekolah Maranatha dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, imbuh Bupati Wanimbo, lembaga semi pemerintahan juga diberikan perhatian penuh dengan memberikan bantuan dana seperti lembanga Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA), Palang Merah Indonesia (PMI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tolikara dan juga Gereja Injili di Indonesia (GIDI), Mushola dan lainnya.

Tujuan diberikannya dana hibah kepada semua lembaga sosial, lembaga kemanusiaan dan lembaga keagamaan ini guna mengembangkan pelayanannya sesuai dengan visi dan misi sehingga apa yang kurang dapat perhatian dari pemerintah tentu diperhatikan lewat lembaga- lembaga ini.

Bupati Usman Wanimbo memberikan apresiasi tinggi kepada lembaga – lembaga semi pemerintahan ini, yang telah memberikan kontribusi sangat luar biasa. Karena hingga sampai saat ini pelayanan sosial dan kemanusiaan dari lembaga ini sudah dirasakan masyarakat luas.

“Kami akan memberikan reward khusus bagi lembaga – lembaga semi pemerintahan ini. Jadi pada hari – hari besar nasional kami akan memberikan reward atau hadiah,” bebernya.

Ditambahkan, Pemkab Tolikara akan memberikan sport kepada semua lembaga ini dalam bentuk penganggaran. Karena itu diharapkan kepada semua lembaga ini harus fokus melayani sesuai dengan visi dan misi masing – masing lembaga. (Diskominfo Tolikara/rm)

LEAVE A REPLY