JAYAPURA (PT) – Astra Motor Papua selaku main dealer sepeda motor Honda di Papua dan Papua Barat bersama dengan PT Federal International Finance/FIF Group Jayapura melakukan kunjungan dan pelatihan pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di wilayah Kampung Enggros, Sabtu (27/10) .

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian Astra Motor Papua selaku Main dealer sepeda motor Honda di Papua dan Papua Barat bersama PT FIF Group Jayapura dalam mendukung program pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa. Ini bentuk kepedulian Astra Group terhadap pemerataan pembangunan desa khususnya Kampung Enggros,“ kata Perwakilan Managemen Astra Motor Papua, Ronny Natsir.

Ronny mengatakan, pada tahun 2020, Kampung Enggros bisa menjadi Kampung Wisata di wilayah Papua dan menjadi pusat destinasi pariwisata terbaik di Jayapura dan Papua.

Pada kesempatan kunjungan itu, Astra Group yaitu Astra Motor Papua dan PT FIF Group mengangkat tema kunjungan dengan “Berbagi dan Diskusi Bersama UMKM Kampung Enggros”.
Hal ini adalah sebagai kelanjutan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sosial di sekitar wilayah bisnis.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Orgenes Meraudje selaku Kepala Kampung Enggros yang juga menjabat sebagai perangkat desa.

”Kami sangat memberikan respon positif karena Astra Motor Papua bersama FIF Group Jayapura yang mau dan berkenan memberikan kontribusi positif terkait Pelatihan UMKM Bersama Masyarakat Kampung Enggros. Kami berharap ke depannya banyak kegiatan serupa dilakukan di kampung agar meningkatkan semangat dan keinginan warga kampung untuk terus berkembang,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 15 kelompok usaha yang berada di wilayah Kampung Enggros, diantaranya adalah usaha rumahan yang digeluti oleh masyarakat Enggros. Usaha ini sangat menarik untuk dikembangkan seperti pedagang toko kebutuhan sehari-hari, pelaku budidaya ikan bandeng, mama-mama pembuat kerajinan Noken dan lainnya.

Branch Head Astra Motor Tanah Hitam, Mosez Lawa yang mendampingi Ronny Natsir menambahkan agar masyarakat Kampung Enggros lebih berfokus terhadap customer dan layanan, karena 2 hal itu yang akhirnya akan mempengaruhi sustainability bisnis ataupun usaha yang digeluti oleh siapapun.

Terlebih dengan semangat kepala kampung yang selalu menggaungkan tentang apapun kegiatan yang dilakukan, harus dilaksanakan di kampung, agar kampung Enggros terus berkembang, sesuai dengan komitmen untuk memajukan Kampung Enggros dari 4 pilar yaitu pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan sehingga tercipta harapan di tahun 2020 Kampung Enggros menjadi Kampung Wisata di wilayah Papua. (ist/rm)

LEAVE A REPLY