JAYAPURA (PT) – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Papua menggandeng Pemkot Jayapura menggelar pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Jayapura, yang berlangsung di Aula Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (30/10).

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H Rustan Saru, MM mengatakan untuk mewujudkan kualitas ekonomi rakyat di era Otonomi Khusus saat ini diperlukan dukungan semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan program pemerintah.

“Ini penting, sebagai salah satu program pemerintah yang meliputi pembangunan ekonomi kerakyatan yang bergerak di sektor riil salah satunya pemberdayaan sumber daya manusia,” katanya.

Menurutnya, pelatihan kewirausahaan itu, merupakan program prioritas untuk meningkatkan kualitas ekonomi UKM agar dapat menjangkau pasar dan mampu bersaing secara kompetitif dalam dunia usaha.

Oleh sebab itu, diharapkan para wirausaha baru UKM di Kota Jayapura harus bangkit dan berbuat sesuatu untuk kemajuan dirinya sendiri, keluarga maupun kelompok, sehingga secara ekonomi akan bertumbuh dan berpengaruh dalam kehidupan rumah tangga yang semakin baik dan secara makro akan memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kota Jayapura memiliki potensi daerah yang dapat mendongkrak perekonomian rakyat melalui berbagai inovasi, tentunya akan mendatangkan manfaat ekonomi yang lebih baik lagi, jika dapat dikelola atau diproduksi dengan baik,“ imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua, Luther Bonggoibo menambahkan, Kota Jayapura sebagai ibu kota Provinsi Papua menjadi sasaran kegiatan pelatihan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kami lakukan pelatihan bagi para wirausaha baru yang dilaksanakan di 6 kabupaten/kota dengan target 550 peserta, namun baru sebanyak 225 orang yang mengikuti pelatihan,” imbuhnya.(ket/rm)

LEAVE A REPLY