JAYAPURA (PT) – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan pembangunan infrastruktur jalan menjadi kebutuhan pokok, sehingga dipercepat untuk mengejar laju pembangunan dan kemajuan ekonomi yang dilakukan hampir seluruh Negara di dunia.

“Jadi, bagi wilayah Papua dan daerah-daerah perbatasan, pembangunan infrastruktur tidak sekedar dimaksudkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, tetapi juga menghadirkan rasa adil bagi seluruh warga Negara Indonesia dan mempermudah keterhubungan antara daerah satu dengan daerah lain,” kata Gubernur Lukas Enembe dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Gubernur, Annie Rumbiak saat membuka Forum Grup Diskusi Kondisi dan Manfaat Pembangunan Infrastruktur di Swiss-belhotel Papua, Jayapura, Selasa (30/10).

Menurutnya, Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 8 tahun 2016 merupakan lembaga tingggi Negara yang dibentuk oleh Presiden dalam rangka memperkuat berbagai kebijakan ekonomi dan industri untuk mempercepat pertumbuhan industrial nasional.

“KEIN ini bertanggung jawab langsung kepada Presiden dengan tupoksi melakukan pengkajian terhadap permasalahan ekonomi dan industri nasional, regional dan global,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, KEIN juga menyampaikan saran tindak strategis dalam menentukan kebijakan ekonomi dan industri nasional kepada Presiden serta melaksanakan tugas lain dalam lingkup ekonomi dan industri yang diberikan Presiden.

“Dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas KEIN sebagai rekomendator Presiden memiliki 17 kelompok kerja (Pokja) yang salah satunya adalah pokja pembiayaan, infrastruktur dan logistik,” katanya.

Untuk itu, kata Gubernur, Pemprov Papua mengapresiasi FGD yang dilakukan KEIN dan Pokja Pembiayaan, Infrastruktur dan Logistik di wilayah Papua untuk mengetahui kondisi pembangunan dan pemanfaatan infrastruktur di Papua serta mencari solusi untuk menyelesaikan berbagai kendala dan hambatan yang dihadapi.

“Diharapkan dapat menghasilkan rumusan yang dapat dijadikan sebuah pertimbangan bagi KEIN dalam melaksanakan tugasnya memberikan masukan kepada Presiden,” ujarnya.

Sejak awal pemerintahan Jokowi-JK memiliki perhatian sangat besar terhadap percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur di Indonesia khususnya pembangunan infrastruktur di wilayah Papua, daerah perbatasan, daerah terpencil dan pedesaan.

“Pembangunan infrastruktur menjadi fokus perhatian yang sangat besar sepanjang periode pemerintahan dalam 4 tahun ini. Hal ini sejalan dengan visi Papua Bangkit Mandiri Sejahtera yang berkeadilan,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY