JAYAPURA (PT) – Setelah melakukan kunjungan ke Gubernur Papua dan DPR Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, SIP giliran melakukan kunjungan ke Kapolda Papua, Senin (29/10).

Pangdam YP Sembiring disambut langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin Siregar, MSi berserta para pejabat Polda Papua di Mapolda Papua.

Kunjungan itu, sebagai silaturahmi Pangdam XVII/Cenderawasih, YP Sembiring selaku pejabat baru untuk menjalin komunikasi antara Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua.

Pada kesempatan itu, Pangdam YP Sembiring mengatakan bahwa selaku Panglima Kodam XVII/Cenderawasih yang baru berniat berkunjung ke Mapolda Papua untuk bersilaturrahmi secara langsung dengan Kapolda Papua dan para pejabat Polda Papua.

Pangdam YP Sembiring mengaku sangat senang bisa mengunjungi Polda Papua, sehinga ia berharap antara TNI dan Polri dapat terus bersinergi dalam melaksanakan tugas ke depan.

“Kantor pemerintah, kantor TNI dan kantor Polri, walaupun hanya setingkat kantor kepala kampung, Pos Polisi maupun Pos Koramil atau Pos TNI, semuanya itu simbol Negara. Mengganggu simbol Negara sama dengan mengganggu Negara. Jadi, siapapun tidak boleh ada yang mengganggu simbol negara,” tegas Pangdam.

Pangdam mengatakan, aparat Negara dalam hal ini aparat keamanan TNI-Polri wajib melindungi simbol-simbol negara demi kehormatan dan kedaulatan negara.

“Dalam pelaksanaannya TNI dan Polri harus bersinergi dalam melindungi dan mengamankan simbol-simbol negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin Siregar, MSi mengapresiasi dan menyambut kunjungan Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Kunjungan Pangdam XVII/Cenderawasih ke Polda Papua merupakan suatu kehormatan bagi kami dan kami merasa senang Bapak Panglima bisa hadir di tempat ini,“ kata Kapolda.

Senada dengan Pangdam, Kapolda Martuani Sormin juga menegaskan bahwa TNI dan Polri akan bersinergi dalam mengawal kedaulatan negara termasuk dalam penegakan hukum di seluruh wilayah hukum NKRI khususnya wilayah Papua. (jul/rm)

LEAVE A REPLY