JAYAPURA (PT) – Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H Rustan Sarru, MM secara resmi menutup acara Diklat Kepemimpinan tingkat IV angkatan V, VI dan VII, di kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Jayapura, Senin (29/10).

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Sarru mengatakan, jika Diklat Kepemimpinan itu, untuk membentuk sosok pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara.

“Selain itu, pendidikan dan pelatihan ini, untuk meningkatkan kompetensi teknis manajerial dan kepemimpinan serta efisiensi efektivitas dan kualitas pelaksanaan tugas antara pimpinan dan bawahan dalam lingkungan kerjanya,“ kata Rustan Sarru.

Untuk itu, Wawali Rustan Sarru meminta agar peserta Diklat PIM IV untuk terus tingkatkan kemampuannya, bukan saja kemampuan dalam aspek substansi dan administrasi manajemen, melainkan juga aspek sikap dan perilaku sebagai seorang pejabat.

“Saya mengimbau agar saudara-saudara terus mempelajari dan memahami segala peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,” imbuhnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Jayapura, Robert Betaubun mengatakan bahwa Diklat Kepemimpinan tingkat IV dilakukan guna membentuk kompetensi kepemimpinan bagi aparatur.

Robert Betaubun mengungkapkan jika Diklat PIM kali ini, diikuti dari Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Boven Digoel, yang terdiri dari tiga angkatan dengan jumlah peserta mencapai 94 orang.

Untuk angkatan V, dari 39 peserta yang dinyatakan lulus sebanyak 38 orang peserta, sedangkan 1 peserta tidak lulus. “Dari penilaian panitia penyelanggara, Angkatan V ini sebagai peringkat terbaik,“ katanya.

Sedangkan, peserta Diklat PIM angkatan VI diikuti 28 peserta dan dinyatakan lulus. Sementara itu, peserta Diklat PIM angkatan VII sebanyak 26 dinyatakan dan 1 peserta tidak lulus. Mereka yang tidak lulus diberikan kesempatan 1 bulan untuk melengkapi dokumen.

Roberth Betaubun menambahkan, jika peserta Diklat PIM itu, berpedoman pada kurikulum dan jam pelajaran pada Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan muatan lokal yang di kelompokkan dalam kajian sikap dan perilaku serta aktualisasi. (ket/rm)

LEAVE A REPLY