JAYAPURA (PT) – Satgas TMMD ke 103 Kodim 1707/Merauke yang dipimpin oleh Danki Satgas TMMD Kapten Inf Herman Purba mengajak warga Kampung Bifo, Distrik Passue Bawah, Kabupaten Mappi, dengan memanfaat pekarangan rumah warga untuk bercocok tanam.

Danki Satgas TMMD ke 103 Kodim 1707/Merauke, Kapten Inf Herman Purba mengakui bahwa masih perlunya warga Kampung Bifo untuk mendapatkan pengetahuan dan bimbingan tentang bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar.

Apalagi, masih banyak warga yang belum memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk bercocok tanam dan membiarkan dalam keadaan kosong.

‚ÄĚKondisi lahan yang ada Kampung Bifo bisa dikatakan cukup bagus untuk ditanami berbagai macam tanaman sayuran seperti cabai, terong, tomat, kacang panjang dan ubi-ubian, tetapi selama ini lahan itu, dibiarkan kosong begitu saja. Mungkin dikarenakan masih kurangnya pengetahuan mereka tentang cara bercocok tanam,” kata Herman Purba, Selasa (30/10).

Dikatakan, melihat kondisi seperti itu, pihaknya memberikan pengetahuan dan bimbingan serta mengajak Pilipus Tagi memanfaatkan lahan kosong yang ada dipekarangannya untuk ditanami berbagai macam tanaman sayuran sehingga bisa menambah penghasilan dan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Dengan memiliki pengetahuan yang cukup diharapkan warga ke depannya dapat mengembangkan bercocok tanamnya sehingga Kampung Bifo ini banyak tanaman sayuran yang bermanfaat. Selain itu, pada kesempatan kali ini kami juga menyiapkan penyemaian bibit cabai, tomat dan terong yang yang akan dibagikan kepada warga untuk ditanam di pekarangan rumah mereka masing-masing,” imbuhnya.

Disela-sela kegiatan dalam menyiapkan lahan berkebun itu, Pilipus Tagi menyampaikan terima kasih banyak kepada Satgas TMMD ke 103 Kodim 1707/Merauke karena sudah malakukan pembangunan di Kampung Bifo.

“TMMD juga memberikan pengetahuan dan bimbingan serta mengajak untuk berkebun dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada dengan cara bercocok tanam yang baik dan benar,” imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY