JAYAPURA (PT) – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, SIP memimpin acara ziarah ke makam pahlawan, Marthen Indey di Desa Sabron Yaru, Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Senin (29/10).

Turut hadir dalam acara ziarah ke makam Pahlawan Marthen Indey yaitu Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE, MTr(Han), para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, para Staf Ahli Pangdam, para Kabalak Kodam XVII/Cenderawasih dan para Dansat yang berada di lingkungan Kodam XVII/Cenderawasih serta para Ibu-Ibu persit Kartika Chandra Kirana.

Marthen Indey merupakan salah satu tokoh Nasionalis pejuang Kemerdekaan Bangsa Indonesia di Provinsi Papua. Marthen Indey, lahir di Doromena, Kabupaten Jayapura, Papua pada 14 Maret 1912 , merupakan salah seorang putra Papua yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai Pahlawan Nasional Indonesia, bersama dengan dua putra Papua lainnya yaitu Frans Kaisiepo dan Silas Papare.

Kegiatan ziarah yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini berlangsung dengan khidmat. Diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan Marthen Indey serta menundukan kepala seraya mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mengorbankan jiwa raga sehingga generasi penerus dapat memetik hasilnya yaitu kemerdekaan.

Kemudian, Pangdam beserta istri dan para pejabat Kodam XVII/Cenderawasih melakukan do’a dan tabur bunga di pusara makam Marthen Indey sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan terdahulu yang telah gugur.

Pangdam YP Sembiring mengaku senang melakukan ziarah, terutama ziarah ke makam Pahlawan yang mempunyai jasa dalam perjuangan Bangsa Indonesia, dengan melakukan ziarah dapat menghayati dan merenungi serta memberikan penghormatan kepada tokoh-tokoh pejuang Bangsa.

“Terlebih dalam suasana memperingati hari Sumpah Pemuda ke 90 diharapkan para pemuda dan pemudi Indonesia selalu memegang ikrar Sumpah Pemuda yang telah mempersatukan pemuda Nusantara,” kata Pangdam. (jul/rm)

LEAVE A REPLY