JAYAPURA (PT) – Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring dan Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin memeriksa langsung situasi perbatasan RI – PNG di Titik Nol Sota, Merauke, dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Presiden RI, Ir Joko Widodo di Merauke, Kamis (15/11).

Setibanya di Merauke Kamis pagi pukul 10.00 Wit, Pangdam bersama Kapolda Papua dan Bupati Merauke, Fredrikus Gebze melanjutkan perjalanan menuju perbatasan dengan menggunakan heli TNI – AD.

Turut dalam rombongan Asintel Kol Inf. C. Andreas, Asops Kol Inf Frits Pelamonia dan Wakapendam Letkol Inf Dax Sianturi. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Pangdam YP Sembiring untuk melakukan peninjauan udara di kampung – kampung yang terletak di sekitar perbatasan.

Setiba di perbatasan, rombongan Pangdam YP Sembiring disambut langsung oleh Dan Satgas Pamtas Yonif 521 Letkol Inf Andi Andrianto Wibowo di Pos Komando Utama Satgas.

Setelah menerima pemaparan singkat Dan Satgas tentang situasi perbatasan di wilayah Merauke, Pangdam dan Kapolda langsung menuju ke tugu Titik Nol Sota.

Pangdam YP Sembiring mengatakan, pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo sudah disiapkan dengan baik dengan melibatkan unsur TNI, Polri, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Merauke dan instansi terkait lainnya.

“Secara umum, situasi Papua kondusif dan siap menerima kunjungan Bapak Presiden,” kata Pangdam.

Pangdam YP Sembiring menambahkan, ini merupakan kunjungan Presiden Joko Widodo yang ke 9 kalinya di wilayah Papua.

Oleh sebab itu, Pangdam mengharapkan dukungan dari masyarakat Merauke untuk ikut mensukseskan jalannya kunjungan Presiden, sebab momen ini tentunya merupakan kehormatan bagi warga Merauke khususnya dan Papua umumnya.

“Sesuai rencana, Presiden akan tiba pada Kamis tengah malam, besok Presiden Jokowi akan meresmikan ‘Kapsul Waktu’ yang berisikan harapan seluruh bangsa Indonesia, dari Sabang-Merauke, dalam menuju Era Indonesia Emas tahun 2045 mendatang dan Presiden juga akan meninjau Tugu Titik Nol di Sota sebelum bertolak ke PNG untuk menghadiri Asia Pasific Economic Conference ke 18 pada 17 – 18 November nanti,” imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY