TOLIKARA (PT)-Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara menggelar rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) tahun 2018, dengan melibatkan lintas sektor, guna membahas arah pembangunan kesehatan Kabupaten Tolikara ke depan di Aula GIDI Karubaga, 15-16 Nopember 2018.

Dalam sambutannya, Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE, MSi memberikan penghargaan tinggi kepada seluruh tenaga kesehatan Tolikara di semua sektor atau bidang pelayanan kesehatan telah memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Seperti pelayanan program 1.000 Hari Pertama Kehidupan atau 1000 HPK dan program VCT Mobile, Satgas Kesehatan dan pelayanan di RSUD Tolikara juga di puskesmas maupun pustu.

Selain itu, lembaga semi pemerintahan KPA, PMI dan KNPI berjalan meningkat berkat dukungan dan komitmen melayani. Meski menghadapi berbangai tantangan dan tingkat kesulitan daerah Tolikara yang sangat berat seperti menghadapi jangkauan kondisi daerah dengan medan yang sulit.

“Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat kesehatan dapat terwujud,” kata Bupati Usman Wanimbo.

Bupati Usman Wanimbo berharap tenaga kesehatan di lapangan bersama staf Dinas Kesehatan Tolikara hendaknya mengikuti kegiatan ini dengan baik dan membahas semua kegiatan sesuai RPJMD Tolikara sehingga semua yang dihasilkan menjadi sebuah solusi yang tepat untuk diwujudkan ke depan sesuai dengan harapan bersama.

Kepala Dinas Kesehatan Tolikara, Ronal Panjaitan menambahkan, Rakerkesda kali ini digelar kali kedua Dinkes Kabupaten Tolikara sejak tahun 2016 lalu. Kegiatan ini melibatkan lintas sektor, lintas instansi, mulai dari dinas, lurah, camat, puskesmas dan rumah sakit se Kabupaten Tolikara.

Menurutnya, Dinkes ingin menginformasikan tentang program bidang kesehatan, permasalahan dan solusinya seperti apa.

“Rakerkesda 2 tahun lalu kita evaluasi, ternyata perlu diupdate lagi antara kebijakan pusat dan daerah, untuk mencapai target bersama-sama,” katanya.

Dikatakan, Rakerkesda ini bertujuan untuk mensinkronkan program pembangunan kesehatan mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

Pembangunan kesehatan sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo melalui kebijakan Indonesia sehatnya.

“Kebijakan inipun harus kita jabarkan di tingkat daerah dan disinkronkan dengan program pusat,” imbuhnya. (Diskominfo Tolikara/rm)

LEAVE A REPLY