JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH berharap pemuda Papua ikut terlibat dalam pelaksanaan PON XX tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Bumi Cenderawasih.

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Papua, dalam sambutannya pada pelantikan Pengurus DPPD KNPI Papua, dibawah kepemimpinan Albertho Gonzales Wanimbo di Hotel Aston Jayapura, Senin (19/11).

“PON XX tahun 2020 diselenggarakan di Provinsi Papua yang akan melibatkan pemuda Indonesia, melibatkan pemuda Papua dalam pelaksanaan even olahraga empat tahunan itu,” kata Gubernur Lukas Eneme.

Oleh sebab itu, dalam menyambut PON XX itu, kata Gubernur Enembe, pemuda KNPI Papua diminta betul-betul menyiapkan dengan baik, para pemuda Papua yang akan terlibat dalam event olahraga nasional tersebut.

“Pastikan kita akan siapkan pemuda Papua untuk terlibat dalam PON,” tegasnya.

Oleh karena, lanjutnya, KNPI Papua yang saat ini mempunyai pengurus terbanyak se Indonesia agar kompak agar dapat menunjukkan bahwa pemuda papua dapat melakukan perubahan dan pembangunan bagi Indonesua khususnya Papua.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada KNPI pusat yang selalu membawa nama baik Papua di tingkat nasional,” katanya lagi.

Ke depannya, kata Gubernur Enembe, KNPI dapat melakukan pembinaan terhadap pemuda Papua yang bertanggung jawab pada masa depan.

”Jika dibina dengan baik pasti akan jadi pemimpian, oleh karena itu pemuda harus memiliki keterampilan serta bertanggungjawab demi masa depan yang lebih baik,” sambungnya.

Sebab, imbuh Gubernur Enembe, keberadaan KNPI sebagai wadah pemersatu pemuda Indonesia khsusunya di Papua dengan melalui proses panjang, namun demikian pemuda Papua telah menunjukkan kebangkitan yang luar biasa.

Kepada kepengurusan KNPI Papua yang baru, Lukas Enembe berharap sebagai Ketua KNPI dapat mengembalikan peran KNPI sebagai corong pemuda dan pembangunan.

“Menghidupkan kembali peran KNPI Papua merupakan semangat awal KNPI sebagai corong pemuda dan ikut menyuarakan persoalan sosial kehidupan kemasyarakatan, sebab pergerakan KNPI selama ini stagnan,” imbuh Lukas Enembe. (ing/rm)

LEAVE A REPLY