JAYAPURA (PT) – Polres Jayapura Kota yang dibackup oleh Sabhara Polda Papua, Brimob dan Kodim 1701/Jayapura telah membubarkan aksi KNPB di Asrama Pegunungan Bintang, Jalan Buper, Waena, Kota Jayapura, Senin (19/11) Siang.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas, SH, SIK mengatakan, jika pihaknya sudah membubarkan mereka di Asrama Rusunawa Kamwolker, Waena, namun mereka mengalihkan kegiatan ke Asrama Pegunungan Bintang, Jalan Buper, Waena sehingga kegiatan ini harus dibubarkan dan dihentikan.

“Saat dibubarkan, mereka tidak mau pulang ketempat tinggal mereka masing-masing dan mereka menawarkan diri untuk siap dibawah ke kantor polisi dan akhirnya saya membawa mereka ke kantor polisi sesuai dengan kemauan massa kurang lebih 107 orang,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan, saat tiba di Polres Jayapura Kota, pihaknya melakukan proses identifikasi dan klarifikasi terkait kegiatan mereka.

“Jadi, kami lakukan identifikasi dan klarifikasi kegiatan mereka apa dan dari organisasi mana apakah KNPB ini Organisasi yang terdaftar di Badan Kesbangpol atau tidak? Dan apakah mereka sudah melakukan pemberitahuan dan mendapatkan ijin dari mana termasuk tempat yang dilaksanakan kegiatan dalam hal ini Asrama Pegunungan Bintang,“ jelas Kapolres.

Kapolres Gustav Urbinas mengakui jika aksi yang dilakukan ratusan warga itu, tidak memberitahukan kepada aparat kepolisian. Untuk itulah, pihaknya membubarkan aksi itu.

“Kami dari Kepolisian tentunya tidak ada ijin yang diberikan dan juga tidak ada pemberitahuan dan ijin kegiatan yang mana setiap kegiatan penyampaian ataupun kegiatan masyarakat di luar maupun dalam ruangan wajib diberikan pemberitahuan kepada pihak kepolisian dan juga mengajukan ijin keramaian, karena itu kita kaji dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di NKRI. Untuk itulah, saya hentikan dan lakukan pembubaran,” pungkas Kapolres Urbinas. (jul/rm)

LEAVE A REPLY