JAYAPURA (PT) – Anggota Satgas Pamtas Yonif Para Raider 328/Dirgahayu Pos Ramil Muara Tami, Kota Jayapura berhasil mengamankan sebuah bom berukuran panjang 125 cm dan berdiameter 50 cm.

Penemuan bom yang diperkirakan peninggalan Perang Dunia (PD) II itu, berawal saat seorang warga Skouw Mabo, Jacob Mallao (69) tengah menggali lubang untuk membuat tempat sampah di sekitar rumahnya, Kamis (22/11).

Namun, saat menggali pada kedalaman 50 cm, tiba-tiba melihat benda yang mencurigakan seperti sebuah bom. Jacob Mallao kemudian langsung melaporkan ke Danpos Ramil Muara Tami, Lettu Inf Rakhmanto Adhy.

Selanjutnya, Danpos Ramil Muara Tami langsung langsung ke lokasi penemuan bom dan mengamankan lokasi sekitar dikarenakan temuan bom tersebut berada di sekitar rumah warga. Kemudian, bom tersebut telah diamankan oleh Pos Ramil Muara Tami.

Dansatgas Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, Ssos, M.tr(han) mengatakan, jika bom tersebut diperkirakan merupakan peninggalan sisa Perang Dunia II yang sudah lama terkubur.

“Hal ini sangat berbahaya, mengingat besarnya ukuran bom tersebut dan berada di tengah-tengah rumah penduduk, belum diketahui apakah bom tersebut masih aktif atau tidak, tapi tindakan pertama yaitu kami mengamankan bom itu menjauh dari warga,” imbuhnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY