JAYAPURA (PT) – Babinsa Koramil 1707-05/Merauke Serda Yudha Sapta Hadi membantu masyarakat petani Kampung Yemunain Jaya, Distrik Jagebob, Kabupaten Merauke menanam padi dengan sistem TOT (Tanpa Olah Tanah), Kamis (22/11).

Menurut keterangan dari Babinsa Serda Yudha Sapta Hadi bahwa penanaman padi dengan sistem TOT (Tanpa Olah Tanah) di persawahan Kampung Yemunai Jaya tersebut menggunakan padi jenis gogo dengan lahan seluas 2 hektar.

”Tanam padi dengan sistem TOT yang dilakukan kali itu merupakan cara alternatif warga setempat, mengingat sampai sekarang ini masih musim kemarau dan minimnya sarana pengairan,” kata Yudha.

Beberapa percobaan telah dilakukan para petani terdahulu dan hasilnya pun cukup memuaskan, ternyata sawah yang akan ditanami padi tidak perlu diolah secara berat dan dilumpurkan, tetapi cukup dilakukan pengolahan secara ringan juga bisa ditanami dan hasilnya pun cukup baik.

”Sedangkan pendampingan yang saya lakukan ini, selain membantu meringankan beban petani dalam menanam padi di lahan sawah miliknya, juga sebagai wujud nyata bahwa TNI juga sangat mendukung terhadap program peningkatan swasembada pangan di wilayah,” imbuhnya.

Supriyadi yang merupakan salah satu anggota Gapoktan Kampung Yemunain Jaya mengucapkan terima kasih banyak kepada Babinsa Koramil 1707-05/Merauke yang telah membantu menanam padi di area persawahannya.

“Dengan adanya pendampingan ini kami benar-benar merasa terbantu dan berharap agar pendampingan seperti itu ke depannya dapat terus dilakukan,” katanya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY