JAYAPURA (PT) – USAID Perwakilan Indonesia melakukan kunjungan ke Provinsi Papua untuk mengecek sejumlah program yang selama ini telah dilakukan di Bumi Cenderawasih.

Kunjungan USAID Perwakilan Indonesia itu, diterima Asisten III Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri di ruang pertemuan Sekda Papua, Kamis (29/11).

Usai pertemuan, Elysa Auri mengungkapkan, jika USAID sudah lama ada di Papua dengan berbagai program seperti program bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup.

“Program USAID yang Papua sudah banyak yang berhasil di bidang pertanian dan mereka rencananya akan membuka program yang sama di Kabupaten Keerom dan Sarmi,” ungkapnya.

Elysa Auri memberi apresiasi program dari USAID di Papua, karena merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.
Ia berharap program USAID di Papua dapat terus berjalan dan pemkab setempat dapat mendukung dan menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan USAID.

Senada dengan itu, Wakil Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn, mengatakan tujuan kunjungannya USAID ke Papua untuk membahas berbagai bidang pembangunan yang menjadi minat bersama antara USAID dan Pemprov Papua.

Di Provinsi Papua, USAID memperkuat akuntabilitas dan hak warga Negara, memberantas penyakit menular, meningkatkan akses terhadap air minum yang aman dan sanitasi yang dikelola dengan aman.

USAID juga mendukung tata kelola penggunaan lahan dan tanaman bernilai tinggi serta mendorong pembangunan manusia melalui pendidikan tinggi.

”USAID menjadi mitra dekat pemerintah Indonesia, khususnya, Pemprov Papua, untuk mendukung agenda pembangunan Papua dan kerjasama dan komitmen dari Pemprov Papua dan kabupaten/kota serta para tokoh masyarakat. Kami berharap dapat melanjutkan pekerjaan kita bersama untuk membantu menyediakan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat setempat,“ imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY