JAYAPURA (PT) – Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura menjadikan momentum perayaan Natal untuk meningkatkan inovasi baru dan pelayanan kepada masyarakat Kota Jayapura.

“PDAM ke depannya harus memiliki inovasi baru dalam memberikan pelayanan yang cepat, efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Kota Jayapura,” kata Wali Kota Benhur Tomi Mano saat membuka Natal Keluarga Besar PDAM Jayapura di Aula SMKN 3 Jayapura, Selasa (4/12)

Untuk itu, kata Wali Kota BTM, Pemkot Jayapura terus memberikan kucuran dana kepada PDAM Jayapura dalam pemasangan sambungan pipa kepada masyarakat.

“Saya berharap seluruh komponen dan masyarakat harus bersinergi membantu menjaga sumber air di Kota Jayapura,” katanya.

Bahkan, Wali Kota BTM meminta para ondoafi dan pemegang hak ulayat tanah dan air tidak boleh memberikan lokasi yang ada sumber air untuk pembukaan lahan perkebunan serta pengundulan hutan yang berujung menurunnya debit air.

Lebih lanjut, memang harus ada inovasi baru ke depannya agar masyarakat pelanggan PDAM Jayapura dapat melakukan pembayaran rekening air dengan mudah dan dapat melapor jika terjadi kebocoran air tentunya dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota BTM mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi air minum produksi PDAM Jayapura dengan merk Robong Hollo, nantinya akan diresmikan dan beredar di pasaran dalam waktu dekat ini.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama PDAM Jayapura, H Entis Sutisna, SE, MM berharap pada momen perayaan Natal Keluarga Besar PDAM Jayapura semakin meningkatkan kebersamaan seluruh jajaran tukang ledeng terutama dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Kita menyadari bahwa masih ada ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan kita terkhusus di tengah menurunnya debit air, sehingga berdampak pada jam pelayanan kita,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Entis Sutisna, sebelumnya tahun 2018, pihaknya telah merintis sejumlah inovasi berbasis teknologi informasi, diantaranya inovasi tekhnologi yang diterapkan pengembangan sistem online 24 jam pelayanan PDAM melalui kerjasama dengan Kantor Pos baru saja selesai bulan Desember 2018.

Entis berharap pelanggan PDAM Jayapura bisa melakukan pembayaran rekening air di seluruh jaringan Kantor Pos di Indonesia.

Seperti harapan Wali Kota Jayapura yang ingin memudahkan pelanggan dalam pembayaran, tentunya nanti akan dibuat sistem pembayaran rekening air online melalui aplikasi di smartphone, kemudian pelanggan dapat membayar melalui ATM pada sejumlah bank.

Ditambahkan, mengingat di tengah tingkat kebocoran yang masih tinggi sekitar 46% tentunya menjadi tugas PDAM dan para tukang ledeng untuk konsisten melakukan pembenahan serta menanggulangi jaringan kebocoran, inovasi tukang ledeng akan memberikan pelayanan terbaik dan prima.(ket/rm)

LEAVE A REPLY