JAYAPURA (PT) – Rekrutmen atau tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di Bumi Cenderawasih dipastikan tidak dapat dilaksanakan tahun ini.

Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen mengungkapkan, seleksi CPNS tahun ini ditunda ke tahun 2019.

Hal ini disebabkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia sampai saat ini belum memberikan sistem penerimaan CPNS khusus Papua.

“Sampai saat ini, belum ada ada penjelasan dari kementerian, meskipun kita bersama Gubernur Papua sudah bertemu Menpan RB terkait penerimaan CPNS khusus Papua, tetapi sampai saat ini Sekda dan Kepala BKD kabupaten/kota se Provinsi Papua belum dipanggil untuk membahas tata cara penerimaan CPNS di Jakarta,” kata Hery Dosinaen.

Namun demikian, untuk melaksanakan penerimaan CPNS itu, Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota tetap pro aktif untuk menanyakan ke Menpan RB langkah-langkah apa yang harus dilakukan, namun belum ada kepastian terkait penerimaan CPNS khusus Papua formasi 2018.

“Jadi, jika Desember ini jelas tidak bisa seleksi penerimaan CPNS di Papua, tapi pasti di tahun 2019, tetapi formasi tetap 2018,” katanya.

Sebelumnya, Asisten III Bidang Umum Sekda Provinsi Papua, Elysa Auri, SE, MM, mengatakan sampai sekarang belum ada kepastian pelaksanaan penerimaan CPNS di Papua setelah gubernur dan para bupati/wali kota se Provinsi Papua telah sepakati bersama Presiden Jokowi di Istana bogor untuk sistem offline dalam penerimaan CPNS di Provinsi Papua.

“Jadi, sampai sekarang kami belum tahu kapan pelaksanaan seleksi CPNS di Provinsi Papua,” kata Elysa Auri.

Menurut Auri, belum kepastian kapan pelaksanaan tes CPNS di Provinsi Papua bisa menjadi dampak sosial bagi masyarakat di Pemprov Papua dan kabupaten/kota.

“Ini akan menjadi masalah sosial baik kita di Provinsi maupun Kabupaten/Kota karena sampai dengan kita punya masyarakat tahu bahwa ada penerimaan CPNS, tapi belum ada kepastian untuk penerimaan CPNS formasi 2018,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY