JAYAPURA (PT) – Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr Ni Nyoman Sri Antari mengatakan penyuluhan reproduksi kesehatan perlu ditingkatkan kepada umat beragama di Kota Jayapura.

Menurutnya, pemimpin umat beragama di Kota Jayapura, bukan saja sebagai jembatan dan sharing secara rohani, tetapi perlu tahu reproduksi kesehatan secara fisik.

“Ini sebenarnya jembatan untuk menjangkau calon pengantin lebih khususnya, karena reproduksi ini menjadi target sasaran calon pengantin,” kata Ni Nyoman Sri Antari pada Penyuluhan Reproduksi Kesehatan di Aula Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (12/12).

Untuk itu, kata Ni Nyoman sebagai calon pengantin kebanyakan pemuda atau remaja harus dipersiapkan secara kesehatannya, sasarannya pada imunisasi vaksin tetanus atau tetanus teksoit.

“Contohnya imunisasi hepatitis bisa di vaksin, intinya apabila calon pengantin sehat anaknya yang lahir sehat,” paparnya

Untuk itu, katanya, target dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura akan bekerja sama dengan Dispendukcapil, KUA dan gereja terkait pernikahan calon pengantin yang sehat.

“Kami akan buat prosedur sebelum di langsungkan pernikahan, kedua calon pasangan pengantin dilakukan tes kesehatannya,” ucapnya.

Sebab, imbuhnya, selain tes kesehatan sangat baik, juga dampak yang diharapkan jika kedua calon pengantin sehat akan mengurangi angka kematian ibu maupun anak. (ket/rm)

LEAVE A REPLY